Larry Ellison

Author: · Published: April 8, 2011 · Category: Tokoh Teknologi Informasi 

Yuafanda Kholfi Hartono

Lawrence Joseph “Larry” Ellison (lahir 17 Agustus 1944) adalah seorang tokoh bisnis Amerika, pendiri dan CEO  Oracle Corporation, salah satu perusahaan perangkat lunak database terbesar di dunia. Bisa dibilang Larry Ellison lah yang membuat Oracle menjadi sebuah konsep Relational Database System yang dibutuhkan oleh berbagai industri di dunia seperti saat ini. Mulai menciptakan konsep database pada 1970, 40 tahun kemudian konsep yang ia kemukakan telah menjadi sebuah sendi penting dari industri-industri dunia serta berbagai macam bisnis yang ada pada saat ini. Pada 2011 ia adalah orang kelima terkaya di dunia versi Forbes, dengan kekayaan pribadi $ 39.500.000.000,-.

Ellison lulus dari Eugene Field Elementary School, Sekolah Dasar di sisi utara Chicago pada bulan Januari, 1958 dan melanjutkan ke Sullivan High School setidaknya sampai musim gugur tahun 1959 sebelum pindah ke South Shore.  Ellison dibesarkan di sebuah apartemen dengan dua kamar tidur di Chicago Selatan di lingkungan Yahudi kelas menengah. Ellison mengingat ibu angkatnya sebagai pribadi yang hangat dan penuh kasih, berbeda dengan sifat keras yang dia warisi dari ayah angkatnya, seorang Yahudi Rusia dari Krimea yang mengadopsi nama Ellison untuk menghormati pulau dimana ia masuk ke Amerika Serikat, Ellis Island. Louis, ayah angkatnya, adalah seorang pegawai pemerintah sederhana yang mencari sebuah keberuntungan kecil di Chicago real estat, hanya untuk menghilangkan selama depresi yang dialaminya.


Ellison adalah seorang mahasiswa cerdas namun lalai. Dia meninggalkan University of Illinois di Urbana-Champaign pada akhir tahun kedua, setelah tidak mengambil ujian akhir angkatnya karena ibu angkatnya baru saja meninggal. Setelah menghabiskan musim panas di California Utara, di mana ia tinggal dengan temannya Chuck Weiss, ia masuk University of Chicago selama satu periode, di mana ia pertama kali bertemu dan merancang komputer. Pada tahun 1964, pada usia 20 tahun, ia pindah ke California utara secara permanen.

Selama tahun 1970, setelah bertugas sebentar di Amdahl Corporation, Ellison bekerja untuk Ampex Corporation. Salah satu proyeknya adalah database untuk CIA, yang ia beri nama “Oracle”.

Download Tulisan Lengkap : yuafanda-larry-ellyson.pdf

Related Articles

  1. Database Link pada Oracle 10g
  2. Install Oracle Virtualbox 4.2.12
  3. Tutorial Attunity Oracle-CDC for SSIS
  4. Socrata sebagai Salah Satu Web Penyedia Layanan Database
  5. Instalasi Oracle 11gR2 di OEL 5
  6. Edsgar Wybe Dijkstra
  7. Partisi Index dan Partisi Tabel Pada Database Oracle
  8. Thomas J. Watson
  9. Database Link Pada PostgreSQL
  10. Membuat Database Oracle Menggunakan DBCA (Database Configurations Assistant)
  11. Al Khwarizmi
  12. Membuat Counter Menggunakan ASP
  13. Database Firebird (Bag. 2)
  14. Database Firebird (Bag. 1)
  15. William (Bill) Joy
  16. Pengantar eLearning dan Pengembangannya
  17. Pengantar Administrasi SQL Server 2000
  18. PHP Database dengan ODBC
  19. Partitioning pada Oracle 11g
  20. Konsep Dasar Membuat Web