Kolaborasi Dengan Video-Player Pada Website Dinamis

Author: · Published: June 26, 2012 · Category: Komputer Dasar 

Agus Subardjo

Mengunjungi website yang menampilkan film atau video, menarik juga, Apalagi kalau video atau film tersebut berupa koleksi music (misalnya) yang kadang dikangeni oleh orang-orang yang sudah tua, atau mempunyai kenangan indah. Atau malah film-film documenter keluarga anda, film perkawinan adik, kakak, saudara, rekreasi keluarga dan lainnya.

Kalau tujuannya dilihat keluarga dekat, anda tidak perlu meng-upload web tersebut, jadi cukup disimpan dalam PC atau Laptop yang praktis bisa dibawa kemana-mana, bahkan dijadikan theater home, dengan menambah slide-projector dan sound system.

Buatlah database melalui phpMyAdmin misalnya film.dengan tabel music, karena ini nantinya akan digunakan untuk dokumentasi filmfavorite keluarga. Kalau anda ingin mendokumentasikan dengan kategori lainnya misalnya perkawinan atau kelahiran (anak-anaknya) kita buat lagi tabel perkawinan dan kelahiran, begitu seterusnya tabel dibuat sesuai kebutuhan.

Untuk uji coba ketrampilan kita buat 1 (satu) tabel saja, misalnya music.

Bukan karena hobby saya music, tetapi kelihatannya ini lebih universal dan familiar dengan kebanyakan orang.

Sediakan beberapa buah film music, lebih banyak lebih baik, karena nanti akan bekerja di localhost PC/Laptop dan tidak perlu diupload ke server-hosting, seberapapun tidak masalah. Usahakan file film music tersebut berekstensi .flv, dan nama filenya di-rename pendek dengan huruf kecil semua tanpa spasi, untuk memudahkan proses. Misalnya tadinya file bernama Walau hati menangis – Pance.flv kita ganti pendek saja menjadi pance001.flv (misalnya).

Sebuah file swf yang merupakan playernya dan file .js (kami sertakan dalam artikel ini dan dapat didownload) yang nantinya sangat diperlukan, serta harus anda letakkan pada folder web anda.

File :   mediaplayer  (swf file)     swfobject (File JavaScripts)

Download Tulisan Lengkapagus_membangunweb7

 

Related Articles

    None Found