Cyber Broadcast System (CBS) – 1

Author: · Published: July 1, 2012 · Category: Internet dan Web 

Agus Subardjo

 CBS – PRO (Portal Radio online)

Sistim broadcast maya, ada berbagai macam mulai dari broadcast radio, televisi bahkan broadcast jaringanpun termasuk dalam sistem tersebut. Sebagai gambaran, secara harfiah Broadcast adalah suatu proses pengiriman sinyal ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melalui satelit, radio, televisi, komunikasi data pada jaringan dan lain sebagainya, dan bisa juga didefinisikan sebagai layanan server ke client yang menyebarkan data kepada beberapa client sekaligus dengan cara paralel dengan akses yang cukup cepat dari sumbernya yang berada di server.

Dalam hal teknologi populer saat ini: Setiap komputer yang terhubung ke repeater Ethernet yang sama atau switch adalah anggota dari broadcast domain yang sama. Atau Broadcast Domain adalah sebuah divisi logika dalam jaringan komputer dimana semua Host dan Nodes dapat menjangkaunya atau terhubung dengan host dan node yang lainnya melalui Broadcast  pada layer Data Link. Broadcast Domain ini dapat berada pada segmen jaringan yang sama maupun berbeda.

Saya tidak akan membahas Broadcast Domain, Jaringan dan beberapa artikel saya ini nantinya akan membatasi diri pada broadcast yang sedikit ada kaitannya dengan media Radti dan sedikit Televisi. Dan saya akan berusaha menyampaikan bagaimana cara men-generate Radiostreaming atau radio online dan Televisistreaming. Semoga nanti dapat menjadi bahan referensi anda yang sedang menyusun skripsi atau sekedar menmabah pengetahuan untuk mengetahui tentang broadcast, bahkan mungkin  apabila anda kreatif dapat dijadikan peluang bisnis.

Server Radiostreaming sendiri ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Kalau tidak untuk berbisnis, yah … cukup yang gratisan saja, misalnya untuk hobby, penelitian, uji-coba, kegiatan kampus, kegiatan club dan sejenisnya, karena tentu saja yang gratis, banyak kekurangannya, semisal setiap akan on-air (online streaming) kita harus menghidupkan dahulu server yang ada disana Serverhost streaming), kalau yang berbayar tidak. Kemudian pendengar (tapi koq diistilahkan viewer) hanya 100, kalau berbayar bisa diatur kapasitasnya, dan fitur-fitur lain yang tidak dipunyai gratisan disediakan oleh yang berbayar.

Radio adalah alat telekomunikasi yang tidak akan pernah mati. Radio sangat berperan saat proklamasi kemerdekaan NegaraIndonesia, dengan radio berita kemerdekaan lebih cepat tersampaikan.

Begitu juga saat ini di jaman digital, radio juga tidak akan mati. Kita akan lebih mudah dalam membuat radio dengan adanya radio online/ radio streaming karena tanpa melalui ijin yang berbelit-belit.

Dengan adanya radio streaming, semua orang bisa membuat radio. Radio internet yang juga dikenal sebagai web radio, net radio, streaming radio atau e-radio adalah layanan penyiaran audio yang ditransmisikan melalui internet. Penyiaran yang dilakukan melalui internet disebut sebagai webcasting karena tidak menular secara luas melalui sarana nirkabel. Radio internet memiliki sebuah media streaming yang dapat menyediakan saluran audio terus menerus dan tidak ada kontrol operasional penyiaran seperti media penyiaran tradisional pada umumnya.

Banyak stasiun radio Internet yang berasosiasi dengan stasiun radio tradisional (bukan stasiun radio internet), namun bagi radio internet yang jaringannya hanya menggunakan internet dan tidak berasosiasi dengan radio tradisional, maka stasiun radionya bersifat independen dan tidak tergabung dalam perusahaan penyiaran manapun.

Layanan radio internet dapat diakses dari belahan dunia manapun, misalnya, orang dapat mendengarkan stasiun radioIndonesiadari Eropa atau Amerika. Namun, ada juga beberapa jaringan seperti Clear Channel di AS dan Chrysalis diUKyang membatasi penyiaran dalam negerinya sendiri karena masalah perizinan jenis musik tertentu dan iklan.

Radio internet cukup populer bagi kalangan ekspatriat maupun pendengar lain karena banyaknya kepentingan serta kebutuhan yang sering kali tidak cukup baik disediakan oleh stasiun radio lokal (seperti musik-musik alternative, hiburan maupun info-info lain yang tidak dapat diakses pada radio lokal). Seperti pada umumnya radio, radio internet juga tetap memiliki layanan-layanan program yang terdapat dalam radio tradisional

Bagaimana cara membangun Radio-internet.?

Adapun cara membuat radio-internet ada berbagai versi, tetapi cara yang paling terkenal adalah dengan menggunakan shoutcast. Mengapa demikian? karena shoutcast.com merupakan penyedia software terkemuka dalam hal control panel shoutcast server yang berbasis linux dan windows, sehingga memudahkan kita dalam mengelola shoutcast mulai dari awal hingga akhir.

Yang kita perlukan atau yang harus kita sediakan dalam Membuat Radio Streaming  adalah :

  1. Komputer (PC/Laptop) yang terkoneksi dengan internet (broadband).
  2. Kabel  dari soundprocessor ke input line in soundcard computer (opsional).
  3. Komputer terinstal WINAMP untuk player MP3
  4. Terinstal plugin Shoutcast DSP, untuk koneksi ke Server shoutcast.
  5. Shoutcast server.

Sebenarnya sudah banyak tutorial membahas cara membuat radio-streaming, namun ada yang mudah dipahami, ada juga yang sulit, ada yang mudah di-implementasikan ada juga yang gagal.Kalau saya ikut menyampaikan trik & tips juga, barangkali akan menambah polusi artikel dengan thema tersebut, atau malah dianggap palgiator terhadap artikel-artikel yang sudah ada.  Pertentangan dalam diri ini akhirnya saya putuskan bahwa tetap saya akan menyampaikan bagaimana membuat Radio-streaming dengan bahasa saya, alur proses yang saya alami berdasarkan percobaan-percobaan saya yang sudah berhasil diimplementasikan. Jadi jangan dianggap plagiat ya OK . kita lanjutin.

Download Tulisan Lengkap : agus_CyberBroadcastSystem01.pdf

 

Related Articles

  1. Membangun Sendiri Radio Internet
  2. Cyber Broadcast System (CBS) – 3
  3. Cyber Broadcast System (CBS) – 2
  4. Membangun Portal Radio-Streaming
  5. Video Streaming Server Menggunakan VLC
  6. Mengenal Radio Internet
  7. My Open Radio
  8. Seputar VLAN
  9. Konfigurasi dan Instalasi DNS Server pada SO Debian 6.0 Squezee (CLI)
  10. instalasi debian 6 berbasis teks di virtualbox
  11. Step By Step Menjadi Programmer Handal Dengan Vb.Net (13)
  12. Panduan Singkat Membuat Webmail dan POPmail Server
  13. VLAN
  14. Membuat CGI dengan Pascal
  15. Membuat E-Mail Server pada Windows 2003 Server
  16. Pemilihan Channel WiFi
  17. Tutorial Membuat Koneksi dan Login Berdasarkan User Type di VB.Net 2008 dengan Access 2007
  18. Praktis Mahir Win 2000 Server
  19. Mengenal Client Scripts di PHPMaker
  20. Cara Membuat Wifi (AdHoc) di Windows 8