Optimasi Cisco Packet Tracer untuk men-design Jaringan Small Office

Author: · Published: October 16, 2012 · Category: Jaringan Komputer 

Merancang jaringan komputer merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang calon network engineer untuk mempromosikan suatu keahlian dalam dirinya. Tool yang paling familiar untuk men-design jaringan komputer adalah Cisco Packet Tracer. Dengan menggunakan tools tersebut kita dapat men-simulasikan device yang digunakan beserta media-nya. Kebanyakan orang, final dari Project ini adalah saat melakukan ping dan replay maka Network sudah dikatakan berjalan dan berhasil. Kita belum tahu parameter apa saja yang harus dilakukan untuk diterapkan dalam suatu office.

Kali ini kita akan sedikit memodifikasi project yang biasa dilakukan, dengan menambahkan sedikit background. Kita akan memulai project dimulai dari awal, saat antar device tidak ada sama sekali hingga antar device bisa terhubung ke jaringan. Project yang telah dibuat akan ditambahkan denah ruangan beserta ukurannya sehingga akan terlihat seperti merancang jaringan komputer secara realita. Hanya saja, ada sedikit kekurangan dalam merancang jaringan tersebut, yaitu pada software Cisco Packet Tracer tidak disediakan fungsi phisical sehingga
tidak bisa menampilkan lekak-lekuk kabel yang melewati ruangan, tetapi hanya bisa lurus saja. Jangan khawatir, hal tersebut tidak menjadi masalah yang sangat serius jika kita pandai menjelaskan kepada calon konsumen kita.

Artikel Selengkapnya dapat di download di SINI

Related Articles

    None Found