Jaringan Point-to-Point Wireless Bridge Antar BTS dengan Antena Grid Menggunakan Mikrotik RB 411

Author: · Published: October 23, 2012 · Category: Jaringan Komputer, Telekomunikasi 

Cintia Elindria

Mikrotik RouterOS didesain bekerja pada mode routing. Mode bridge memungkinkan network yang satu tergabung dengan network di sisi satunya secara transparan, tanpa perlu melalui routing, sehingga mesin yang ada di network yang satu bisa memiliki IP Address yang berada dalam 1 subnet yang sama dengan sisi lainnya. Namun, jika jaringan wireless kita sudah cukup besar, mode bridge ini akan membuat traffic wireless meningkat, mengingat akan ada banyak traffic broadcast dari network yang satu ke network lainnya. Untuk jaringan yang sudah cukup besar, dapat menggunakan mode routing.

Di dalam dunia wireless ada 3 hal yang mempengaruhi jarak jangkau dengan suatu aturan sebagai berikut:

  1. Power, semakin besar daya, semakin jauh jaraknya. Tetapi daya yang besar sangat tidak baik, terutama bagi kesehatan tubuh.
  2. Frekuensi, semakin besar frekuensi jaraknya semakin pendek. Tetapi frekuensi ini sudah ada slotnya 2,4 GHz, 5 GHz, dst, jadi tidak bisa juga di atur-atur.
  3. Alat yang digunakan. Misalnya penguatan antena, loss pada kabel, sensitifitas penerima.

Konfigurasi dan Proses Pointing

  1. Persiapkan alat yaitu : antenna grid 5 GHz, router board RB 411, kabel crossover dan straight, Power over Ethernet (PoE), Router Board adapter. Kemudian lakukan instalasi antena dan arahkan ke BTS tujuan seperti gambar dibawah ini.

Download Tulisan Lengkapcintia-jaringan-point-to-point.pdf

Related Articles

    None Found