Knowledge Module pada Oracle Data Integrator (ODI)

Author: · Published: October 29, 2012 · Category: Database 

Yuafanda Kholfi Hartono

Knowledge Modules (KMs) adalah komponen dalam Oracle Data Integrator (ODI) yang dapat melakukan transformasi data secara berulang-ulang serta proses ETL (extract, transform, and load) pada teknologi yang berbeda-beda. Kekuatan KMs terletak pada daya pakai ulang dan fleksibilitasnya. Misalnya, Anda dapat mengembangkan dan menerapkan strategi pemuatan (loading) untuk tabel fact, dan kemudian, dengan klik mouse, menerapkan strategi loading untuk semua table fact Anda. Jika Anda menyesuaikan strategi ETL anda karena perubahan kebutuhan bisnis dan memodifikasi KM terkait, semua interface yang menggunakan KM akan ikut mengalami perubahan. Anda dapat memadupadankan bahasa pemrograman yang berbeda, jenis, dan gaya (RDBMS SQL asli, bahasa scripting seperti Jython atau JavaScript, atau bahkan Java). Inilah yang membuat KMs sangat fleksibel. Pendekatan inovatif ini disebut Desain deklaratif Oracle Data Integrator dan bisa sampai 10 kali lebih cepat daripada pendekatan tradisional ETL.

Salah satu contoh dari fungsi KMs adalah mengekstrak data melalui data capture dari Oracle Database 10g dan memuat data tersebut menjadi partitioned fact table dalam Oracle Database 11g, atau menciptakan ekstraksi data berbasis timestamp dari database SQL Server Microsoft dan memuat data ini dalam sebuah Teradata enterprise data warehouse.

KMs adalah kode template. Setiap KM didedikasikan untuk tugas individu dalam keseluruhan proses integrasi Data. Kode KMs muncul di dekat form yang akan diexecute kecuali bahwa kode tersebut termasuk metode substitusi Oracle Data Integrator (ODI) yang memungkinkan untuk digunakan secara umum oleh banyak job integrasi yang berbeda. Kode yang akan dihasilkan dan dieksekusi berasal dari aturan deklaratif dan metadata yang didefinisikan dalam modul Designer ODI.

KMs dibagi dalam 6 kategori yang berbeda yaitu
1. Reverse-engineering KM (RKM)
2. Check KM (CKM)
3. Loading KM (LKM)
4. Integration KM (IKM)
5. Journalizing KM (JKM)
6. Service KM (SKM)

Download Tulisan Lengkap: Yuafanda Knowledge_Modules.pdf

Related Articles

    None Found