Menghubungkan Mikrotik Dengan Sistem Opeasi Host di Virtualbox

Author: · Published: November 25, 2012 · Category: Jaringan Komputer, Komputer Dasar 

Mikrotik dikenal sebagai sistem operasi jaringan yang stabil dan aman. Karenanya Mikrotik banyak digunakan serta dipelajari, bahkan sejak bangku SMK. Masalahnya kebanyakan siswa tidak dapat menginstalnya begitu saja di rumah untuk dipelajari karena mikrotik tidak dapat disandingkan dengan sistem operasi lain. Cara paling mudah adalah menginstalnya melalui Virtual Machine seperti Oracle VM Virtualbox.

Masalahnya mungkin beberapa dari kita hanya bisa melakukan sebatas instalasi Mikrotik saja di virtual machine.  Padahal kita juga dapat menggunakan mikrotik tersebut layaknya router walaupun hanya di virtual. Modalnya adalah kita dapat mengkoneksikan mikrotik tersebut ke jaringan. Minimal apabila terhubung ke satu PC, maka kita sudah dapat bereksperimen ke tingkat lebih lanjut bahkan melakukan konfigurasi menggunakan winbox.

Kali ini akan kita bahas beberapa konfigurasi dasar mikrotik yang dapat digunakan sebagai dasar anda selanjutnya dalam bereksperimen jaringan dengan Virtual machine. Kali ini saya akan mencoba menghubungkan Mikrotik di Virtualbox dengan OS host komputer saya yaitu Windows Seven.Nah, Tutorialnya dapat anda download di link berikut:

Andregate-Menghubungkan_Mikrotik – Versi PDF

Andregate-Menghubungkan_Mikrotik – Versi ODT

Related Articles

    None Found