Pendaftaran Siswa Online 2

Author: · Published: January 13, 2013 · Category: Komputer Dasar 

Agus Subardjo

Memasuki tahun ajaran baru, ternyata banyak pertanyaan kepada saya, tentang cara membangun SIM Pendaftaran Siswa Baru. Dua artikel yang kami kirimkan masih belum dapat dipahami oleh para  feed-backers, bukan apa-apa, memang kedua artikel tersebut, sebenarnya harus di – kombinasikan, karena yang satu adalah proses login untuk masuk ke satunya lagi yang notabene adalah SIM-nya. Saya percaya kebanyakan dari feed-backes adalah para pendidik atau bagian pendaftaran pada sekolah-nya guna mengantisipasi Pendaftaran Siswa Baru. Dan SIM ini adalah terbuka, artinya benar-benartransparan, karena ranking berdasarnya nilai NEM (dapat juga ditambah nilai dari semester 1 sampai semester 5  dengan menambah source-code pada aplikasi serta field pada database, kemudian secara otomatis di RATA-RATA oleh sistim, dan dapat dilihat rankingnya.)

Kali ini, saya kirimkan satu artikel plus file-file yang dibutuhkan. Dengan langkah2 yang perlu anda lakukan  sebagai berikut.:

  1. Dowload 2 buah file zip, ektrak ke localhost.
  2. Impor Database, sesuaikan nama database, dengan database.sql
  3. Akses aplikasi dengan browser anda.
  4. Masukkan useranme 12345 dan password 12345
  5. Ad. 4 diatas dapat anda edit setelah berhasil login, serta menambah user plus passwordnya.
  6. Untuk pelaksanaannya nanti, anda membuat/mengisi password pada table member sebanyak perkiraan anda, tentang banyaknya  pendaftar. (atau bertahap, misalnya 10, habis tambah 10 begitu seterusnya)
  7. Agar tidak membingungkan dalam cheking user dan password, Admin  harus selalu berkoordinasi dengan petugas pendaftar, untuk mengetahui password ini untuk pendaftar dengan NISN berapa.
  8. Hal ini, dapat juga dilaksanakan  bekerjasama dengan Bank yang ditunjuk untuk menghimpun Uang Pendaftaran, namun kesulitannya petugas Bank  terlalu sibuk, sehingga koordinasi dan komunikasi terhambat, kecuali anda menugaskan seorang panitia untuk melaporkan transaksi yang berjalan saat itu.
  9. Atau dapat juga pada menu kita berikan fasilitas chating dengan Administrator website, atau petugas pendafataran dengan YM
  10. Menu ranking, apabila di-klik, ada 2 alternatif. Bisa dari NEM tertinggi bisa juga NEM terendah. Oleh karena itu sebaiknya anda membuat journal berupa file PDF dan dimuat dalam web tersebut setiap hari dari halaman admin (buka folder admin  melalui browser)
  11. Pendaftar hanya dapat menggunakan NISN-nya satu kali, karena field nisn, kita buat typenya INDEX pada database.
  12. Halaman awal atau mungkin halaman-halaman tambahan lainnya, dapat di-convert dengan Microsof Office ( baca artikel saya sebelumnya tenyang hal ini )

Demikian antara lain langkah-langkah yang perlu anda lakukan. Apabila kurang jelas, jangan sungkan-sungkan hubungi kami.

Karena masih banyak peminat yang akan mem-praktekkan, tetapi kesulitan dalam import database, maka saya berikan solusi yang paling mudah untuk localhost PC anda, tinggak ekstrak file ini, kemudian subfolder siswabaru, anda copy-pastekan ke XAMPP atau XAMPPLITE slash mysql slash data (Drive ://xampplite/mysql/data/) sedangkan file zip-nya disini  ( siswabaru  )

Kekurangannya diedit sendiri, modifikasi sendiri, sesuai inovasi anda.

Terima kasih, Goodluck.

 

Download Tulisan Lengkap : siswabaru.pdf

Download Tulisan Lengkapdatabase.pdf

Related Articles

    None Found