Membuat Backslide pada Website

Author: · Published: January 22, 2013 · Category: Komputer Dasar 

Agus Subardjo

Salam jumpa.

kalau anda pernah mengakses sebuah website, dan background-nya berupa gambar-gambar slide penuh menghiasi layar monitor anda, maka kesempatan inilah yang akan kami bahas. Sebagai contoh misalnya di website dianpelangi dot com (maaf bukan iklan promosi, karena saya belum kenal owner-nya) . Kalau diperhatikan, maka aksesnya agak terlalu berat, dan template CMS yang digunakan bukan manual lagi. Nah disini akan kita bongkar secara manual, barangkali bermanfaat untuk anda, apalagi mahasiswa yang mencari ide-ide baru dalam melakukan tugas-tugas yang diberikan dosen.

Menu-menu pada website tersebut juga dapat disembunyikan (hidden) disini akan kita gunakan JavaScript (ddaccordion.js). Sedangkan menunya sendiri kita gunakan image ber-ekstenti GIF. Adapun isi website, baik yang tanpa database, maupun yang menggunakan, atau  halaman HTML kita kirimkan ke inlineframe (kita namai I2).

Jadi gambarannya, :

  1. Halaman penuh dari website, kita modifikasi background-nya dengan image-slider. Buatlah gambar-gambar untuk background dengan panjang 1600 px kali 700px (dalam contoh hanya 1024px)
  2. Untuk memberi batas lebar halaman, kita gunakan <table> yang mana pada contoh saya panjang 1000 px. Untuk memberi kesan ditengah layar, kita gunakan tag <div align=”center”>,
  3. Menu-menu, bisa  kita sembunyikan atau kita munculkan, dengan memanfaatkan JavaScripte, termasuk file dot js, dot css, maupun listing pada halaman index php.<style> ; <script language=”JavaScript1″> atau lainnya.
  4. Jangan lupa pada waktu nge-link-kan halaman melalui menu, kita tambahkan target=”” , Dalam contoh kita gubakan nama I2, yaitu nama inlineframe kita.
  5. Dan yang lebih memberikan kebebasan untuk anda, file index dot php, dapat di-ubah menjadi html, sehingga penempatan folder website lebih fleksibel. Bisa anda tempatkan pada htdocs-nya XAMPP, www-nya WAMPP, bahkan di MyDocuments dan Drive lainnya.
  6. Bagi pemula, mungkin agak sulit. Akan tetapi asal mau mencoba dan mencoba lagi serta bertanya dan bertanya lagi, kemungkinan untuk maju terbuka.

 

Download file :   backslider

 

 

 

Related Articles

  1. Membuat content web dengan Microsoft Word
  2. Forward Website di Localhost Melalui IP Public
  3. Mendesain Menu dengan CSS
  4. Membuat Flyout Menu pada Android App menggunakan Xamarin
  5. Membangun Website Dinamis Berbasis PHP-MySQL
  6. Menambahkan Menu Utama di Open Journal Systems
  7. Menyatukan Website Dengan Template
  8. Belajar Membuat Website
  9. Membuat Halaman Khusus (Static Page) Indexing Site di Open Journal System
  10. Langkah Interface Pada MIKROTIK
  11. Meng-override Style di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  12. Menyalin Tabel dan Field dari Dalam Project PHPMaker
  13. Instalasi OS Menggunakan iDRAC
  14. Penggunaan Image Dan Flash Dalam SEO
  15. Menampilkan Menu Pengumuman di Open Journal Systems
  16. Membuat Menu Dengan Style Sheet
  17. Menyempurnakan Halaman Web Dengan Header-Image
  18. Mengenal Pengaturan View pada Table Setup di PHPMaker
  19. Membuat Shortcut Command Prompt
  20. Backup, Sebelum Lenyap