Instalasi Port Sentry Sebagai Intrusion Detection System

Author: · Published: February 2, 2013 · Category: Jaringan Komputer, Keamanan dan Hacking 

Didha Dewannanta

Portsentry : merupakan tools yang digunakan untuk menghindari berbagai aktifitas scanning (terutama stealth scanning) yang dilakukan oleh hacker. Portsentry dapat mengingat ip address dari hacker. Portsentry juga dapat membuat server kita seolah-olah menghilang dari hadapan hacker bilamana terjadi aktifitas scanning.

Kemampuan dari portsentry adalah
a. Portsentry akan mendeteksi berbagai teknik scan seperti SYN/half-open, FIN, NULL dan XMAS. Untuk mengetahui lebih jelas tentang berbagai teknik ini diharapkan untuk membaca manual dari software nmap yang merupakan salah satu software portscan terbaik yang ada.
b. Portsentry akan bereaksi terhadap usaha port scan dari lawan dengan cara memblokir penyerang secara real time dari usaha auto scanner, probe penyelidik, maupun serangan terhadap sistem.
c. Portsentry akan melaporkan semua kejanggalan dan pelanggaran kepada software daemon syslog lokal maupun remote yang berisi nama sistem, waktu serangan, IP penyerang maupun nomor port TCP atau UDP tempat serangan di lakukan.
d. Fitur cantik Portsentry adalah pada saat terdeteksi sebuah port scan, sistem anda tiba-tiba menghilang dari hadapan penyerang. Fitur ini membuat penyerang tidak berkutik.
e. Portsentry selalu mengingat alamat IP penyerang, jika ada serangan port scan yang bersifat random maka portsentry akan bereaksi. Salah satu hal yang menarik dari portsentry adalah bahwa program ini dirancang agar dapat dikonfigurasi secara sederhana sekali dan bebas dari keharusan memelihara.

Download Tulisan Lengkap: instalasi port sentry sbg IDS.pdf

Related Articles

    None Found