Open Cloud Academy Siap Lahirkan Pakar Cloud Computing

Author: · Published: April 10, 2013 · Category: Manajemen dan Kebijakan TI, Opini 

Yudha Agung Pribadi

Cloud computing makin diminati, tapi kemana kita harus pergi untuk memperbarui kemampuan seputar komputasi awan?

Rackspace, cloud computing provider terbesar kedua di dunia, meluncurkan sebuah program pendidikan yang bernama Open Cloud Academy. Tergambar jelas dari namanya, akademi tersebut bertujuan untuk membekali para siswanya dengan keahlian teknologi open cloud.

Saat ini, program yang ditawarkan dan siap jalan adalah kelas Linux. Meskipun begitu, tiga program lain seperti Software Development, Cyber Security dan Network Security sedang dalam tahap penyelesaian dan akan menyusul kemudian.

Lahirnya akademi tersebut bukan tanpa alasan. Kebutuhan akan keahlian cloud computing yang sangat tinggi ternyata belum diimbangi dengan ketersediaan tenaga ahli yang mencukupi bagi industri.

Melalui sebuah survei kepada 1.300 perusahaan, Rackspace mendapati bahwa 66% dari mereka sedang sibuk meningkatkan kemampuan staf TI-nya di bidang cloud computing. Ironisnya, 56% dari perusahaan-perusahaan tersebut mengaku tidak mengetahui kemana harus mendapatkan pendidikan tepat.

Harapan agar universitas mulai menyediakan kurikulum cloud computing pun sangat tinggi, baik itu dari sudut pandang teknologi maupun bisnisnya.

Pada dasarnya, Open Cloud Academy terbuka bagi siapapun dari segala latar belakang. Meskipun begitu, Rackspace menyebutkan bahwa mereka akan memberikan perhatian khusus kepada veteran mantan militer serta para lulusan universitas. Idealnya, para siswa telah memiliki sertifikat CompTIA A+ dan Network+. Jika belum, mereka masih dapat mempelajari materi-materi tersebut secara online melalui program yang akan disediakan oleh Rackspace.

Lebih dari sekadar memberikan edukasi, Rackspace bahkan akan merekrut sekitar sepertiga dari lulusan Open Cloud Academy untuk menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Rackspace memang berencana untuk merekrut 1,000 tenaga kerja baru dalam dua tahun ke depan. Siapa berminat bergabung?

InfoKomputer.com
Yudha Agung Pribadi

Related Articles

    None Found