Tata Cara Menggunakan Mendeley

Author: · Published: November 5, 2013 · Category: Aplikasi Perkantoran dan Teknik, Dokumentasi dan Perpustakaan, Komputer Dasar 

Ketika seorang penulis baik dari kalangan mahasiwa, peneliti atau akademisi membuat sebuah tulisan ilmiah untuk suatu jurnal, dia akan membuat daftar pustaka di akhir tulisannya. Daftar pustaka ini berisi literatur atas kutipan yang dibuat pada badan tulisan ilmiahnya. Untuk membuat daftar pustaka ini sebenarnya bisa dilakukan secara manual dengan mengetik daftar pustaka satu per satu. Cara ini termasuk cara lama alias jadul yang tentunya sangat merepotkan. Apalagi bila harus berganti style atau gaya daftar pustaka (bibliography), akan sangat merepotkan.

Untuk mempermudah pembuatan daftar pustaka tersebut, telah ada software yang bernama Mendeley. Aplikasi yang termasuk reference manager tool ini serupa dengan aplikasi EndNote, Zotero, RefWorks, dll. Mendeley tergolong aplikasi pengelolaan daftar pustaka yang bersifat gratis dengan kuota sampai 2 GB yang dapat ditambah dengan biaya tertentu.

Download Tulisan Lengkap: hchandraleka-tata-cara-menggunakan-mendeley.pdf

Related Articles

    None Found