Membuat Password yang Handal

Password yang kita pasang haruslah password yang handal. Agar tidak mudah untuk dijebol. Ada beberapa kriteria agar password yang kita buat termasuk dalam kategori handal.
Sebuah password yang handal haruslah password yang sulit ditebak, baik oleh manusia atau pun oleh mesin (program). Selain itu password tersebut harus juga mudah diingat oleh yang mempunyai password. Inilah dua hal yang harus Anda cari perimbangannya. Karena bila kita membuat password sekedarnya yang mudah diingat tentu password tersebut akan mudah ditembus. Misalnya saja sebuah password yang berupa nama belakang seseorang yang kita cintai. Password seperti itu akan sangat mudah ditebak. Sebaliknya bila password tersebut sangat sulit, maka kita agak sedikit kerepotan untuk mengingatnya, contohnya adalah password yang berupa susunan huruf dan karakter-karakter yang tidak membentuk kata. Semisal: “kth23$@”.
Password merupakan deretan karakter-karakter. Biasanya kebanyakan orang membuat password hanya merupakan deretan karakter angka saja atau alfabet saja. Password yang seperti ini tentu akan mudah ditembus dengan menggunakan program bantu. Untuk itu perlu dibuat sebuah password yang benar-benar handal.
Sebuah password yang handal, haruslah mempunyai kelengkapan dari beragam karakter yang dapat digunakan untuk password. Ragam karakter tersebut adalah alfabet huruf besar, alfabet huruf kecil, angka, dan juga karakter khususnya. Huruf besar, huruf kecil, dan angka telah kita pahami. Untuk karakter khususnya adalah karakter-karakter di luar alfabet dan angka, contohnya adalah: “, @, #, $, %, dll. Keempat ragam karakter tersebut (huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter khusus), kalau dimuat dalam satu password akan menjadikan password kita sangat handal dan sulit untuk dibobol.

Mengapa Demikian?
Mengapa sebuah password yang handal harus memuat 4 ragam karakter sebagai mana telah disebutkan di atas. Yaitu:
• Memuat huruf kapital, seperti: A, B, C, D, E,….
• Memuat huruf kecil, seperti: a, b, c, d, e, … .
• Memuat angka, seperti: 1, 2, 3, 4, 5, 6, … .
• Memuat karakter khusus, seperti: ~, @, #, %,!, … .
Mengapa demikian? Untuk menjelaskan hal ini berarti kita harus memahami cara kerja sebuah program pembongkar password. Saya coba jelaskan konsep program pembongkar password yang sederhana.

Gambar Sebuah kotak login dengan Username dan Password
Semisal ada sebuah kotak login yang meminta isian username dan password. Sebuah program pembongkar password akan melakukan percobaan untuk mengetest satu per satu karakter yang diduga sebuah password. Semisal seorang user mempunyai password hanya alfabet seperti ‘kudanil’. Program pembongkar password cukup untuk melakukan uji coba terhadap rentang karakter yang membentang dari ‘a’ sampai ‘z’. Dengan demikian karakter yang diujicoba adalah hanya sebanyak 26 karakter.
Kemudian, seandainya seorang user mempunyai password ‘kud4n1l’, maka bentangan karakter yang diujicoba akan semakin banyak. Yaitu meliputi karakter alfabet sejumlah 26 karakter ditambah karakter angka dari ‘0’ sampai ‘9’ sejumlah 10 karakter. Dengan demikian sebuah program pembongkar password harus melakukan uji coba terhadap karakter yang lebih banyak yaitu sejumlah 36 karakter. Ini artinya adalah diperlukan waktu lebih lama untuk membongkar password yang memuat karakter alfabet dan angka. Lebih lama ketimbang membongkar password yang hanya memuat alfabet saja.
Selanjutnya, bila seandainya seorang user mempunyai password ‘kuD4niL’, maka bentangan karakter yang perlu diujicoba akan semakin banyak. Mari kita hitung. Karakter yang diujicoba adalah karakter alfabet huruf kecil yaitu ‘a’, sampai ‘z’ sejumlah 26 karakter. Kemudian yang perlu diujicoba lagi adalah karakter huruf kapital yaitu ‘A’, sampai ‘Z’ sejumlah 26 karakter lagi. Ditambah dengan karakter angka dari ‘0’ sampai ‘9’ sejumlah 10. Dengan demikian karakter yang perlu diujicoba adalah 26 + 26 + 10 sebanyak 62. Ini tentunya akan membutuhkan waktu lebih lama lagi bagi sebuah program pembongkar password untuk melakukan ‘ujicoba’ (baca: membongkar) password seperti ini ketimbang password sebelumnya di atas.
Nah, demikian pula logikanya bila seorang user mempunyai password ‘kuD4n!L’ yang merupakan kombinasi dari karakter huruf kecil, huruf besar, angka dan karakter khusus. Tinggal Anda hitung sendiri jumlah karakter khusus yang ada pada sebuah komputer. Ini menyebabkan program pembongkar password membutuhkan waktu jauh lebih lama lagi ketimbang membongkar password seperti yang dicontohkan sebelumnya.

Sekarang Mencari Perimbangannya?
Sekarang Anda telah memahami mengapa sebuah password yang handal harus memuat keempat ragam karakter yang disebutkan di atas. Selanjutnya tinggal Anda cari perimbangan antara password yang sulit untuk dibongkar dengan kemudahan bagi Anda untuk mengingatnya.

Related Articles

  1. Berapa Lama Waktu untuk Membongkar Password?
  2. Perbedaan Password, Passphrase, dan Passcode
  3. Pengaturan Password di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  4. Mengetik Bahasa Arab di Windows XP
  5. Program Kolom Koran Otomatis di Microsoft Word dengan Visual Basic Editor
  6. Step by Step Menjadi Programmer Handal Dengan VB.NET (3)
  7. Strategi & Manajemen Password
  8. Menembus Password Login Menggunakan SQL Injection
  9. Komponen AngkaTerbilang Untuk Visual Basic 6
  10. Membuat Front Matter dan Back Matter di Open Journal Systems
  11. Amankan Password Menggunakan KeePass
  12. Penerapan Hill Chiper Pada Kemanan Pesan Teks
  13. Step By Step Menjadi Programmer Handal Dengan Vb.Net (7)
  14. Membuat Password pada Pencetakan di Microsoft Word
  15. Search And Insert Problem (Sorted Double Linkedlist Solution)
  16. MD5 (Message-Digest algortihm 5)
  17. Kesalahan Umum dalam Membuat Password
  18. Mengganti Password Akun Windows dari CMD
  19. Membuat Add In Terbilang Untuk Microsoft Excel
  20. Game Ding Dong dengan 7 Segment & AT89C52