Mengenal Google Scholar dan Google Scholar Profile

Apa itu Google Scholar

Siapa yang tidak kenal Google? Google merupakan salah satu perusahaan besar berbasis TI yang saat ini telah merambah ke banyak lini pekerjaan manusia. Dari mulai mesin pencari web dan email sampai ke mesin penerjemah bahasa. Termasuk salah satunya yang penting dan perlu diketahui oleh kalangan akademisi adalah Google Scholar.

Google Scholar dengan slogannya‘Stand on the shoulders of giants’,merupakan mesin pencari yang khusus digunakan untuk melakukan pencarian artikel atau tulisan ilmiah pada suatu jurnal. Umumnya jurnal elektronik atau jurnal online yang ada di dunia ini berusaha agar dapat terindeks di Google Scholar sebagai capaian pertama sebelum jurnal elektroniknya terdaftar di situs pengindeks yang lain semacam Directory of Open Access Journals, Scopus atau Thomson Reuters. Saat ini dengan pertolongan Allah Yang Bersemayam Di Atas Arsy, semua jurnal elektronik Badan Litbangkes yang beralamat di http://ejournal.litbang.depkes.go.id telah terindeks di Google Scholar.

Dengan terindeksnya jurnal-jurnal elektronik Badan Litbangkes di Google Scholar, kita dapat mencari artikel-artikel dari jurnal tersebut di Google Scholar, selain di situs Open Journal System (OJS) Badan Litbangkes. Misalnya saja kita mencari artikel yang ditulis oleh seorang peneliti Tole Sutikno. Bila kita gunakan kata kunci ‘tole sutikno’ maka akan tampil artikel-artikel yang ditulis oleh Tole Sutikno. Seorang peneliti tentu akan merasa bangga bila artikel yang ditulisnya dapat dicari di Google Scholar karena tercapainya keinginannya untuk berbagi dan menyebarluaskan ilmunya.

Download Tulisan Lengkap: hchandraleka-mengenal-google-scholar-dan-google-scholar-profile.pdf

Related Articles

    None Found