PHPMaker = {PHP Code Generator + PHP Framework + CSS dan Javascript Framework}

Author: · Published: August 8, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

PHPMaker adalah tools otomasi yang dapat menghasilkan kode PHP untuk membangun Aplikasi Web dengan sangat super cepat. Bayangkan, hanya dalam hitungan beberapa detik/menit saja, semua file-file script untuk Aplikasi Web Anda dapat dihasilkan olehnya! Umumnya Web Developer mengenal PHPMaker sebagai Tools PHP Code Generator saja. Tidak banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya PHPMaker lebih dari sekedar PHP Code Generator.

Di dalam PHPMaker itu sendiri sebenarnya sudah menyertakan PHP Framework, CSS dan Javascript Framework. Tentu saja framework yang saya maksud di sini bukan seperti framework-framework yang banyak bertebaran di Internet, semisal: CodeIgniter, Symfony, dan lain sebagainya.

PHP Framework yang digunakan oleh PHPMaker dibuat khusus untuk Aplikasi Web yang dihasilkan olehnya. Konsep yang digunakannya pun tentu saja berbeda dengan kebanyakan PHP Framework. Meskipun sama-sama menggunakan konsep OOP (Object Oriented Programming), PHP Framework yang digunakan oleh Aplikasi Web yang dihasilkan oleh PHPMaker lebih cenderung kepada OOP dengan cita rasa Procedural. Kombinasi keduanya itulah justru membuat PHPMaker menjadi lebih powerful dan flexible untuk menghasilkan sebuah Aplikasi Web dengan cepat, mudah, sekaligus menyenangkan.

Selain menggunakan PHP Framework, PHPMaker juga menyertakan CSS dan Javascript Framework yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh Aplikasi Web yang dihasilkan olehnya. Sampai dengan PHPMaker versi 11 (saat artikel ini Penulis buat), PHPMaker mengandalkan Twitter Bootstrap versi 3 yang dikombinasikan dengan pemakaian LESS sehingga kode CSS yang dihasilkan dapat lebih dinamis, karena dapat menggunakan variable dan function sehingga kode CSS dapat dipelihara dengan lebih mudah.

Tentu saja ketika PHP Framework, CSS dan Javascript Framework dikolaborasikan dengan sebuah PHP Code Generator sehingga menghasilkan Tools bernama PHPMaker, maka tidaklah berlebihan jika kita membayangkan betapa powerful-nya tools ini bagi Web Developer untuk menghasilkan sebuah Aplikasi Web. Bahkan, dibalik kekuatannya itu, PHPMaker pun masih menyediakan fleksibilitas bagi Web Developer untuk menambahkan business-logic dan business-process dengan mudah ke dalam Aplikasi Web melalui fitur Server Events dan Client Scripts. Web Developer pun cukup hanya memelihara sedikit kode saja yang mereka tulis.

Karena sudah menggunakan CSS dari Twitter Bootstrap versi 3, maka Aplikasi Web yang dihasilkan oleh PHPMaker versi 11 sudah otomatis langsung mendukung untuk dijalankan di perangkat mobile seperti Handphone, iPhone, Tablet, dan sebagainya. Tampilan dan layout Aplikasi Web akan responsif terhadap lebar perangkat mobile Anda. Artinya: Anda tidak perlu lagi repot-repot membuat dua versi yang berbeda untuk Aplikasi Web yang dihasilkan oleh PHPMaker. Ibaratnya, sekali melempar dengan sebuah batu, maka akan langsung mengenai dua burung sekaligus.

Penasaran ingin melihat Demo dari Aplikasi Web yang dihasilkan oleh PHPMaker? Klik di sini.

Beberapa website yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika bekerja menggunakan PHPMaker adalah sebagai berikut:
1. PHPMaker – The Best PHP Code Generator
2. Forum Diskusi PHPMaker
3. Masino Sinaga – Web Development, PHPMaker, dan PHP Report Maker
4. I Love PHPMaker – because it gets even more powerful and flexible

Semoga bermanfaat. 🙂

Related Articles

  1. Mengenal User Code di PHPMaker
  2. Mengenal Theme di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  3. Meng-override Style di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  4. Mengapa PHPMaker Bisa Men-generate Kode PHP dengan Sangat Cepat?
  5. Menyisipkan Business Logic Saat Record Ditambah di Aplikasi Web dari PHPMaker
  6. Mengenal Custom Validation Function di PHPMaker
  7. Mengenal Custom Files di PHPMaker
  8. Mengenal Multi-Language Property Editor di PHPMaker
  9. Mengenal Pengaturan Multi-Page pada Table Setup di PHPMaker
  10. Mengenal Pengaturan View pada Table Setup di PHPMaker
  11. Mengenal Custom Templates di PHPMaker
  12. Mengenal Client Scripts di PHPMaker
  13. Mengenal Pengaturan Email Notification pada Table Setup di PHPMaker
  14. Mengenal Pengaturan Edit pada Table Setup di PHPMaker
  15. Mengenal Pengaturan Audit Trail pada Table Setup di PHPMaker
  16. Mengenal Fitur Sinkronisasi di PHPMaker
  17. Mengenal Field Setup di PHPMaker
  18. Belajar PHP dengan Framework Code Igniter
  19. Mengenal Pengaturan Delete pada Table Setup di PHPMaker
  20. Hal-hal Sepele yang Sering Dilupakan oleh Web Developer (Bagian 3)