Mengenal Custom Templates di PHPMaker

Author: · Published: August 28, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Setelah membahas Server Events dan Client Scripts di dua artikel saya sebelumnya, di artikel ini kita akan membahas mengenai Custom Templates di PHPMaker.

Apa itu Custom Templates? Seperti namanya, maka definisinya adalah Templates yang bersifat Custom atau dapat dikostumisasi. Template yang bisa diubah atau diatur dengan cara menimpa Template bawaan asli PHPMaker. Web Developer dapat menghasilkan Template yang Custom tadi tanpa harus mengubah secara langsung kode di dalam file Template PHPMaker.

Harap dibedakan bahwa istilah Custom Templates tidak sama dengan Customizing Templates. Pengertian Customizing Templates di PHPMaker berarti suatu kegiatan yang dilakukan oleh Web Developer untuk mengkostumisasi kode yang berada di dalam file Template yang digunakan oleh PHPMaker. Dalam hal ini, Web Developer harus mengubah kode Template yang digunakan oleh PHPMaker.

Sedangkan Custom Templates artinya template yang tampilannya bisa dikostumisasi dari dalam project PHPMaker. Web Developer sama sekali tidak mengubah secara langsung file Template, tapi cukup hanya menambahkan kode ke dalam bagian Custom Templates yang melekat kepada setiap object Table maupun View yang digunakan oleh PHPMaker. Dengan cara ini, maka layout standar di sebuah halaman tertentu yang dihasilkan oleh PHPMaker dapat ditimpa dengan kode yang ditulis oleh Web Developer dari dalam project.

Latar belakang disediakannya fitur Custom Templates di PHPMaker adalah karena tidak semua Web Developer mau menggunakan tampilan atau layout yang disediakan oleh PHPMaker di sebuah halaman. Artinya, PHPMaker lagi-lagi memberi kesempatan kepada Web Developer untuk menggunakan layout yang diinginkannya sesuai dengan kebutuhan.

Contoh, secara standar halaman Add, Edit, View, Update, dan Search menggunakan layout satu kolom saja. Artinya, setiap Field akan menempati satu baris. Field pertama akan berada pada baris paling atas, dan Field terakhir berada pada baris paling bawah.

Web Developer dapat mengubah layout tersebut menjadi dua kolom, misalnya dalam satu Form terdapat 12 Field, maka setelah dibagi dua akan terdapat 6 Field pertama di kolom sebelah kiri, sedangkan 6 Field terakhir akan berada di kolom sebelah kanan. Web Developer cukup menulis kode HTML yang dikombinasikan dengan tag untuk mendapatkan data dari Field terkait di bagian Custom Templates.

Demikian juga misalnya dengan halaman List. PHPMaker menggunakan layout tabel yang standar seperti yang selama ini sering kita lihat. Baris paling atas yang terdiri hanya satu baris merupakan judul dari setiap kolom di tabel tersebut, kemudian diikuti dengan baris data; di mana setiap Record ditampilkan masing-masing dalam satu baris.

Web Developer dapat mengubah layout tabel yang standar tadi menjadi misalnya judul tabel terdiri dari dua baris, sehingga lebar tabel bisa lebih dihemat. Tentu saja, hal ini akan diikuti dengan baris datanya. Setiap Record juga akan menjadi masing-masing terdiri dari dua baris mengikuti judul tabel di atasnya.

Untuk informasi lebih lengkap dan teknis beserta contoh-contoh penggunaan Custom Templates, Anda dapat membaca topik Custom Templates yang sudah disediakan dari menu Help aplikasi PHPMaker.

Related Articles

  1. Mengenal User Code di PHPMaker
  2. Mengapa PHPMaker Bisa Men-generate Kode PHP dengan Sangat Cepat?
  3. Mengenal Custom Files di PHPMaker
  4. Mengenal Custom Validation Function di PHPMaker
  5. Menyisipkan Business Logic Saat Record Ditambah di Aplikasi Web dari PHPMaker
  6. Mengenal Field Setup di PHPMaker
  7. Meng-override Style di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  8. Field Wajib di Tabel User pada Aplikasi Web yang Dihasilkan PHPMaker
  9. Mengenal Pengaturan Multi-Page pada Table Setup di PHPMaker
  10. Mengenal Pengaturan List Page pada Table Setup di PHPMaker
  11. Mengenal Extensions di PHPMaker
  12. Mengenal User ID Security di PHPMaker
  13. Mengenal Pengaturan Master/Detail pada Table Setup di PHPMaker
  14. Mengenal Pengaturan Search pada Table Setup di PHPMaker
  15. Mengenal Fitur Sinkronisasi di PHPMaker
  16. Mengenal Table Setup di PHPMaker
  17. Mengenal Server Events di PHPMaker
  18. Mengenal Pengaturan Add Page pada Table Setup di PHPMaker
  19. Prinsip-prinsip Dasar dalam Membangun Aplikasi Web dengan PHPMaker
  20. Mengenal User Levels Security di PHPMaker