Bagaimana PHPMaker Menangani Security di Aplikasi Web?

Author: · Published: September 9, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Security merupakan salah satu faktor penting yang wajib diperhatikan oleh setiap Web Developer ketika membangun sebuah Aplikasi Web. Fitur ini dapat membatasi hak akses sebuah halaman kepada Pengguna dengan level tertentu, atau membatasi aksi tertentu yang dapat dilakukan oleh Pengguna di dalam sebuah halaman.

PHPMaker menangani Security di Aplikasi Web yang dihasilkannya dengan sangat baik. Fitur ini bahkan terintegrasi ke semua halaman yang dibangkitkannya. Jika Anda menggunakan PHPMaker dalam membangun Aplikasi Web, maka Anda dapat menentukan beberapa pengaturan keamanan Aplikasi Web Anda melalui menu Security.

Dari menu Security tadi, tersedia pilihan apakah ingin menggunakan akun Admin untuk mengatur fitur keamanan langsung dari sisi Aplikasi Web. Di samping itu, PHPMaker juga memberi kesempatan kepada Web Developer untuk menggunakan tabel users yang sudah dibuat sebelumnya, agar saat proses validasi Login Pengguna mengacu kepada tabel tersebut.

PHPMaker bahkan sudah menyediakan pilihan Advanced Security yang memungkinkan Web Developer dapat menentukan beberapa pengaturan keamanan Aplikasi Web tingkat lanjutan atau yang lebih detail lagi. Beberapa di antaranya adalah:

  • Anonymous User, untuk memberikan hak akses halaman tertentu kepada Pengguna level Guest atau pengunjung biasa yang tidak login.
  • User ID, untuk membatasi hak akses Pengguna terhadap sebuah halaman/tabel berdasarkan data ID Pengguna yang terdapat di setiap tabel. Fitur ini memungkinkan untuk membatasi record tertentu hanya dapat dilihat oleh Pengguna tertentu.
  • User Levels, ini mirip dengan User Group untuk mengelompokkan satu dan atau beberapa Pengguna pada satu kelompok tertentu.
  • User Login Options, berisi beberapa pilihan yang tersedia di halaman Login, Registrasi User, Change Password, Forgot Password, dan beberapa pengaturan terkait lainnya.

Sekilas, fitur-fitur ini kelihatan sederhana, karena dikelompokkan hanya ke dalam empat point itu saja. Tapi sesungguhnya, ada banyak fitur-fitur lainnya di dalam setiap point tadi yang layak untuk diketahui dan sayang jika tidak dioptimalkan oleh Web Developer. Fitur-fitur tersebut akan kita bahas lebih detail lagi pada beberapa artikel saya mendatang.

Berdasarkan pengalaman Penulis, fitur Security yang disediakan oleh PHPMaker sudah sangat membantu Web Developer dalam mengimplementasikan keamanan Aplikasi Web yang dibangunnya. Bahkan, fitur ini bisa dijadikan sebagai pedoman bagi Web Developer pemula yang masih awam atau buta sama sekali dengan fitur keamanan yang wajib ada di dalam Aplikasi Web.

Related Articles

  1. Field Wajib di Tabel User pada Aplikasi Web yang Dihasilkan PHPMaker
  2. Menangani Hak Akses untuk Anonymous User dari PHPMaker
  3. Mengenal Halaman Registrasi User di Aplikasi Web yang Dihasilkan PHPMaker
  4. Mengenal User Levels Security di PHPMaker
  5. Mengenal User ID Security di PHPMaker
  6. Mengenal Fitur Password Recovery di Aplikasi Web yang Dihasilkan PHPMaker
  7. Mengenal User Login Options di PHPMaker
  8. Mengenal User Code di PHPMaker
  9. Pengaturan Password di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  10. Mengenal Halaman Login di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  11. Mengenal Halaman Ganti Password di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  12. Mengenal Extensions di PHPMaker
  13. Hal-hal Sepele yang Sering Dilupakan oleh Web Developer (Bagian 2)
  14. Mengenal Pengaturan Multi-Update pada Table Setup di PHPMaker
  15. Mengenal Custom Files di PHPMaker
  16. Mengenal Pengaturan Delete pada Table Setup di PHPMaker
  17. Mengenal Pengaturan Email Notification pada Table Setup di PHPMaker
  18. Mengenal Custom Templates di PHPMaker
  19. Mengenal Pengaturan Edit pada Table Setup di PHPMaker
  20. Mengenal Pengaturan Add Page pada Table Setup di PHPMaker