Mengenal Fitur Password Recovery di Aplikasi Web yang Dihasilkan PHPMaker

Author: · Published: September 17, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Setiap Aplikasi Web yang memiliki form Login sejatinya harus memiliki mekanisme untuk mendapatkan kembali Password yang baru jika si Pengguna lupa dengan Password-nya sendiri. Biasanya proses ini dikenal dengan istilah Password Recovery. Jika Anda pernah mengamati beberapa web di Internet yang mengharuskan Anda login, maka di form Login tersebut terdapat link yang kira-kira bertuliskan Forgot Password?.

Fitur Password Recovery sudah merupakan sebuah kebutuhan di setiap Aplikasi Web yang mengharuskan si Pengguna login untuk dapat mengakses menu atau fitur tertentu. Itulah kenapa saya sering heran dan geram, jika melihat Aplikasi Web yang mengharuskan si Pengguna login, tapi tidak menyediakan fitur atau mekanisme untuk mendapatkan Password yang baru jika si Pengguna lupa dengan Password-nya.

Aplikasi Web yang dihasilkan oleh PHPMaker enaknya sudah menyertakan fitur ini. Anda sebagai Web Developer tinggal mengaktifkan pengaturan ini dari menu Security -> klik tombol Advanced, lalu di jendela Advanced Security, klik pilihan User Login Options. Di sebelah kanan ada bagian Password Recovery Page. Pastikan Anda sudah memberi tanda centang pada item Enable, lalu generate ulang file script untuk Aplikasi Web Anda menggunakan PHPMaker seperti biasa.

Hasilnya, di halaman Login akan terdapat link Forgot Password, dan jika link tersebut diklik, maka si Pengguna diminta untuk memasukkan alamat Email atau data Username-nya, lalu mengklik tombol di form tersebut. Nah, setelah itu apa yang sebenarnya terjadi? Penasaran?

Di belakang layar, sistem akan memeriksa apakah data Email atau Username yang dimasukkan sudah terdapat di database. Jika ya, maka sistem selanjutnya akan mengirim Email yang berisi instruksi selanjutnya yang harus dilakukan oleh Pengguna. Biasanya, di dalam Email ini terdapat link yang harus diklik untuk mengkonfirmasikan bahwa si Pengguna yang menerima Email tersebut adalah benar yang meminta untuk mereset Password tadi. Setelah diklik, maka selanjutnya sistem akan membangkitkan Password yang isi karakternya diacak, lalu mengirimkannya ke Email si Pengguna.

Satu lagi fitur Security yang kelihatan sepele tapi sangat penting yang sudah disediakan oleh PHPMaker untuk Aplikasi Web yang Anda bangun dengannya.

Related Articles

    None Found