Mengenal Halaman Registrasi User di Aplikasi Web yang Dihasilkan PHPMaker

Author: · Published: September 18, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

PHPMaker menyediakan pilihan kepada Web Developer untuk membangkitkan halaman Registrasi atau Pendaftaran Akun Pengguna atau tidak. Artinya, Pengguna dapat mendaftarkan akunnya sendiri melalui halaman khusus yang dibuat secara otomatis oleh PHPMaker. Tentu saja halaman ini disertai dengan beberapa pilihan fitur canggih yang bisa Anda optimalkan.

Pilihan ini bisa dilihat melalui menu Security -> klik tombol Advanced, lalu di jendela Advanced Security, klik User Login Options, dan di sebelah kanan terdapat bagian User Registration Page.

Tentu saja Anda harus mengaktifkan terlebih dulu pilihan untuk membangkitkan halaman ini. Cukup dengan memberi tanda centang di item Enable. Selanjutnya, tersedia beberapa pilihan sebagai berikut:

  • Fields, field-field dari tabel Pengguna yang akan ditampilkan pada form Registrasi. Tentu saja Anda harus memilih beberapa field yang terkait dengan data Pengguna yang ingin Anda wajibkan diisi oleh mereka saat mendaftarkan akunnya.
  • CAPTCHA (requires extension), jika diaktifkan, maka kode keamanan akan ditampilkan pada form Registrasi. Pilihan ini tidak wajib digunakan.
  • Confirm before submit, jika diaktifkan, maka akan menampilkan halaman konfirmasi yang berisi data Pengguna yang diisi sebelum benar-benar dikirim ke server. Pilihan ini tidak wajib.
  • Send email, jika diaktifkan, maka sistem akan otomatis mengirim Email ke si calon Pengguna berisi data yang sudah dimasukkannya pada form Registrasi. Pilihan ini tidak wajib.
  • Requires activation, jika diaktifkan, maka calon Pengguna harus mengaktifkan terlebih dulu akunnya sebelum dapat login ke Aplikasi Web. Pilihan ini tidak wajib.
  • Auto login after registration/activation, jika diaktifkan, maka setelah calon Pengguna mengaktifkan akunnya, dia akan otomatis login ke dalam Aplikasi Web tanpa harus memasukkan data Username dan Password. Pilihan ini tidak wajib.

Betapa mudahnya Web Developer membuat halaman Registrasi Akun Pengguna dengan menggunakan PHPMaker. Bahkan, saya sudah berhasil membuat extension untuk lebih meningkatkan fitur-fitur dan kemampuan di halaman Registrasi Pengguna ini melalui website saya di http://www.ilovephpmaker.com. Fitur-fitur tambahan itu di antaranya: Password Strength Meter, Password Security Policy, dan menampilkan halaman Terms and Conditions yang harus disetujui terlebih dulu sebelum mendaftarkan akun.

Related Articles

  1. Field Wajib di Tabel User pada Aplikasi Web yang Dihasilkan PHPMaker
  2. Pengaturan Password di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  3. Bagaimana PHPMaker Menangani Security di Aplikasi Web?
  4. Mengenal Halaman Login di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  5. Mengenal Fitur Password Recovery di Aplikasi Web yang Dihasilkan PHPMaker
  6. Mengenal Halaman Ganti Password di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  7. Mengenal User Login Options di PHPMaker
  8. Mengenal Pengaturan List Page pada Table Setup di PHPMaker
  9. Mengenal Pengaturan Search pada Table Setup di PHPMaker
  10. Mengenal Pengaturan Add Page pada Table Setup di PHPMaker
  11. Menangani Hak Akses untuk Anonymous User dari PHPMaker
  12. Mengenal Pengaturan Multi-Page pada Table Setup di PHPMaker
  13. Script PHP untuk Login (Tanpa DB)
  14. Mengenal Pengaturan Edit pada Table Setup di PHPMaker
  15. Mengenal Pengaturan View pada Table Setup di PHPMaker
  16. Mengenal Pengaturan Multi-Update pada Table Setup di PHPMaker
  17. Mengenal User ID Security di PHPMaker
  18. Mengenal Extensions di PHPMaker
  19. Mengenal User Levels Security di PHPMaker
  20. Mengenal Pengaturan Delete pada Table Setup di PHPMaker