Mengenal Halaman Ganti Password di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker

Author: · Published: September 20, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Aplikasi Web yang baik seharusnya dapat “memaksa” Penggunanya untuk mengganti Password secara berkala. Sekilas terkesan tidak baik karena ada unsur “pemaksaan”, tapi tujuannya sangatlah baik. Pengguna cenderung menggunakan Password yang itu-itu saja dan tidak pernah diganti dalam jangka waktu yang relatif lama. Tentu saja hal ini bisa mengakibatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab lebih mudah menebak Password seseorang, apalagi jika Password tersebut juga lemah.

Aplikasi Web yang dihasilkan oleh PHPMaker sudah menyediakan fitur untuk membangkitkan halaman Change Password atau Ganti Kata Sandi. Anda sebagai Web Developer cukup hanya mengaktifkan item Enable yang terdapat di bawah pengaturan Advanced Security -> User Login Options.

Selain itu, tersedia pengaturan yang bernama Send email yang jika diaktifkan akan membuat sistem secara otomatis mengirim Email ketika Pengguna berhasil mengganti Password-nya. Email ini berisi Password yang baru yang merupakan hasil penggantian tadi.

Terakhir, tersedia juga pengaturan bernama CAPTCHA (requires extension) yang jika diaktifkan akan menampilkan kode keamanan di halaman Change Password tersebut.

Enaknya lagi, halaman Change Password ini akan ditampilkan oleh sistem ketika Password Pengguna sudah expired atau habis masa berlakunya. Halaman ini akan muncul setelah Pengguna berhasil login dan sistem berhasil mendeteksi bahwa Password si Pengguna sudah tidak berlaku lagi saat itu. Sistem akan memaksa Pengguna untuk mengganti Password-nya saat itu juga. Jika si Pengguna tidak melakukan penggantian, maka dia tidak bisa melanjutkan pekerjaannya dengan Aplikasi Web tersebut.

Berdasarkan pengalaman Penulis, fitur ini sangat bermanfaat untuk mendisiplinkan Pengguna yang cenderung malas dan selalu mempertahankan Password-nya. Kalau Pengguna tidak bisa tertib dengan kesadaran sendiri, maka biarkan sistem yang menertibkannya!

Related Articles

    None Found