Menyalin Tabel dan Field dari Dalam Project PHPMaker

Author: · Published: September 23, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Ketika Anda sebagai Web Developer membangun sebuah Aplikasi Web, sebuah Table biasanya direpresentasikan sebagai sebuah object. Object ini berperan sebagai pondasi untuk membangun beberapa halaman yang mewakili beberapa fungsi untuk mengolah data di Table tadi. Contoh, ada halaman untuk menambah data, ada halaman untuk mengubah data, ada halaman untuk mencari data, ada halaman untuk menghapus data, dan sebagainya. Semua halaman tersebut mengacu kepada object yang sama, yang dalam hal ini adalah salah satu Table di Database.

Dalam dunia nyata, sering kali Web Developer harus membuat object lain berdasarkan object yang sudah ada. Kalau dalam Object Oriented Programming, hal ini dikenal dengan istilah Inheritance atau pewarisan dari satu object ke object lain. Pewarisan object sering dilakukan, karena object baru yang akan dibuat memiliki karakteristik yang berbeda dari object yang sudah ada, tapi sebagian besar properties yang terdapat di dalam object yang baru tadi memiliki persamaan dengan properties yang terdapat di dalam object yang sudah ada sebelumnya.

Di dalam project PHPMaker, sebuah object merupakan representasi dari Table atau View di Database. Sering kali Web Developer harus membuat object baru berdasarkan object yang sudah ada, karena beberapa properties di object baru memiliki kesamaan dengan yang terdapat di object yang sudah ada.

Beruntunglah Anda sebagai Web Developer yang menggunakan PHPMaker, karena hal ini bisa dilakukan dengan sangat cepat dan mudah. PHPMaker sudah menyediakan fitur untuk menyalin properties-properties yang terdapat di sebuah object ke dalam object lainnya yang sudah dibuat berdasarkan object tadi.

Cukup dengan memanggil menu Copy Table Settings dan Copy Field Settings yang terdapat di bawah menu Tools pada project PHPMaker Anda. Lalu ikuti petunjuk yang terdapat di masing-masing menu tadi.

Berdasarkan pengalaman Penulis, fitur ini sangat membantu Web Developer untuk mempercepat proses pengembangan Aplikasi Web, apalagi jika jumlah properties yang akan disalin dari satu Table ke Table lain relatif banyak. Bandingkanlah dengan kondisi ketika Anda harus melakukan hal ini secara manual; betapa rumitnya proses tersebut, dan juga betapa lamanya waktu yang harus Anda butuhkan.

Related Articles

  1. Mengenal Field Setup di PHPMaker
  2. Mengenal Pengaturan View pada Table Setup di PHPMaker
  3. Mengenal Pengaturan Delete pada Table Setup di PHPMaker
  4. Mengenal Table Setup di PHPMaker
  5. Mengenal Pengaturan Multi-Update pada Table Setup di PHPMaker
  6. Mengenal Pengaturan General pada Table Setup di PHPMaker
  7. Mengenal Pengaturan Edit pada Table Setup di PHPMaker
  8. Mengenal Pengaturan Multi-Page pada Table Setup di PHPMaker
  9. Mengenal Pengaturan Return Pages pada Table Setup di PHPMaker
  10. Mengenal Pengaturan Master/Detail pada Table Setup di PHPMaker
  11. Menangani Hak Akses untuk Anonymous User dari PHPMaker
  12. Mengenal Pengaturan Audit Trail pada Table Setup di PHPMaker
  13. Mengenal Pengaturan Add Page pada Table Setup di PHPMaker
  14. Bagaimana PHPMaker Menangani Security di Aplikasi Web?
  15. Mengenal Custom Templates di PHPMaker
  16. Mengenal User Levels Security di PHPMaker
  17. Mengenal Database Helper Class di PHPMaker
  18. Menyisipkan Business Logic Saat Record Ditambah di Aplikasi Web dari PHPMaker
  19. Mengenal Pengaturan Table-specific Options pada Table Setup di PHPMaker
  20. Mengenal User ID Security di PHPMaker