Mengenal Multi-Language Property Editor di PHPMaker

Author: · Published: September 24, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Sekarang ini sudah bukan jamannya lagi membangun Aplikasi Web yang hanya bisa menggunakan satu bahasa. Ketika Anda sebagai Web Developer membangun sebuah Aplikasi Web dan menaruhnya di jaringan Internet, maka sudah barang tentu Aplikasi Web Anda itu menjadi dapat diakses oleh siapa saja dan dari negara manapun. Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika mulai sekarang Anda memikirkan supaya Aplikasi Web itu mendukung pemakaian multi-bahasa. Minimal tersedia bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Meskipun sekarang ada layanan situs penterjemah secara online yang disediakan oleh Google melalui Google Translate, tapi itu bukan berarti Anda dapat mengandalkan kemampuan layanan ini secara 100%. Pasti ada frase atau kata tertentu yang tidak tepat diterjemahkan oleh Google Translate sehingga dampaknya bukannya menjadi lebih bagus, tapi menjadi lebih berantakan.

Seperti yang sudah kita ketahui, Aplikasi Web yang dihasilkan oleh PHPMaker mendukung pemakaian lebih dari satu bahasa. Itu artinya, Web Developer diberi kemudahan untuk menambahkan bahasa apapun yang ingin disertakan di Aplikasi Web yang dibangunnya dengan PHPMaker. Apalagi sekarang sudah banyak tersedia file-file .xml yang berisi frase-frase dalam berbagai bahasa dari seluruh penjuru dunia melalui Forum Diskusi PHPMaker. Anda sebagai Web Developer tinggal menyalin file-file .xml tadi ke sub-direktori languages dari direktori tujuan instalasi PHPMaker Anda.

PHPMaker juga sudah menyediakan sebuah editor untuk memudahkan Web Developer dalam mengelola frase-frase yang dihasilkan dari Database di dalam project PHPMaker. Fitur itu disebut dengan Multi-Language Property Editor. Seperti artinya, ini merupakan editor untuk mengelola frase bahasa yang dihasilkan dari Property milik object Table di Database. Masih ingat bahwa PHPMaker akan menggunakan data atau Property yang diekstrak dari dalam object Table di Database?

Dengan menggunakan editor khusus PHPMaker untuk mengelola frase dari beberapa bahasa yang digunakan di Aplikasi Web yang Anda bangun, maka Anda menjadi lebih mudah menterjemahkan frase-frase tertentu yang dihasilkan oleh project PHPMaker Anda. Frase-frase tersebut ditampilkan sedemikian rupa saling sejajar (side-by-side) sehingga proses menterjemahkan dari satu bahasa ke bahasa lain menjadi lebih mudah dan cepat.

Bahkan, melalui Multi-Language Property Editor ini, Anda sebagai Web Developer dapat memanipulasi frase tertentu yang ditampilkan di bagian Menu Aplikasi Web supaya memiliki icon di sebelah teks dari item menu tersebut. Seperti yang kita ketahui, sejak versi 11, PHPMaker memberi kesempatan yang sangat luas kepada Anda untuk dapat menampilkan icon dengan cukup menggunakan class dari icon tertentu yang disediakan dalam paket glyphicon-nya.

Related Articles

  1. Meng-override Style di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  2. Mengenal User Code di PHPMaker
  3. Mengenal Custom Files di PHPMaker
  4. Mengenal Pengaturan View pada Table Setup di PHPMaker
  5. PHPMaker = {PHP Code Generator + PHP Framework + CSS dan Javascript Framework}
  6. Mengenal Theme di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  7. Mengenal Pengaturan Email Notification pada Table Setup di PHPMaker
  8. Menyisipkan Business Logic Saat Record Ditambah di Aplikasi Web dari PHPMaker
  9. Bagaimana PHPMaker Menangani Security di Aplikasi Web?
  10. Mengenal Extensions di PHPMaker
  11. Mengenal Database Helper Class di PHPMaker
  12. Mengenal User Levels Security di PHPMaker
  13. Mengenal Custom Templates di PHPMaker
  14. Mengenal Pengaturan Multi-Page pada Table Setup di PHPMaker
  15. Mengenal Client Scripts di PHPMaker
  16. Mengenal Custom Validation Function di PHPMaker
  17. Latihan Bahasa C
  18. Mengenal Pengaturan Audit Trail pada Table Setup di PHPMaker
  19. Mengenal Pengaturan General pada Table Setup di PHPMaker
  20. Mengapa PHPMaker Bisa Men-generate Kode PHP dengan Sangat Cepat?