Sniffing

Author: · Published: September 29, 2014 · Category: Jaringan Komputer 

Penyadapan terhadap lalu lintas data pada suatu jaringan komputer sendiri merupakan suatu tindakan yang  sangat sulit untuk di cegah. Tidak ada solusi yang  mudah, cepat, dan aman, yangbisa kita lakukan untuk mencecegah serangan semacam ini.Penyadapan inilah yang dinamakan Proses sniffing . Namun tentunya, kita bisa meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi di kemudian hari. Hal yang paling cepat di gunakan dan tidak memakan biaya besar adalah penggunaan enkripsi sehingga data-data yang lalu lalang di dalam jaringan kita sangat sulit untuk di baca. . Contohnya, anda adalah pemakai komputer yang terhubung dengan suatu jaringan. Dengan aktifitas sniffing ini user dan password anda bisa di tangkap / dicapture sehingga isinya bisa dibaca oleh orang yang melakukan sniffing tersebut

Kata kunci :sniffing,enkripsi,jaringan komputer

  1. Pertama,  buka wireshark

 

32. Contoh hasil capturan wireshark  yang sudah di sniffing

 

 

2

 

23. Kita klick kanan lalu pilih “follow tcp steam”. Kegunaan follow tcp steam sendiri, untuk melihat data dari aliran TCP dengan cara melihatnya pada lapisan aplikasi (layer 7). Dapat digunakan untuk mencari password dalam aliran Telnet, atau untuk memahami aliran data.

 

 

1

 

 

 

 

Kesimpulannya  berhati-hatilah Dalam menggunakan jaringan internet , karena mungkin saat kita memasukkan user dan password ada orang yang melakukan sniffing, pastikan jaringan yang anda gunakan memang aman.

Related Articles

    None Found