Pengenalan Entity Framework (EF) 6 pada Visual Basic 2013

Author: · Published: May 30, 2015 · Category: Pemrograman .NET, Pemrograman VB 

Junindar

Entity Framework (EF) adalah salah satu alat dari Microsoft untuk membantu programmer dalam pengolahan data dengan menggunakan metode Object Relational Mapping atau yang biasa disebut juga dengan O/RM.

Entity Framework pertama kali tersedia pada Visual Studio 2008 SP 1 dan .Net Framework 3.5 SP 1 dimana pada saat itu microsoft juga meluncurkan teknologi yang bernama LINQ (Languange Integrated Query). Sampai pada saat artikel ini dibuat Entity Framewok sudah sampai pada versi 6 atau yang biasa disebut dengan EF 6.

Pada versi pertamanya EF hanya masih terdapat fitur Database First . Sedangkan pada saat versi EF 4 fitur-fitur tersebut telah bertambah, tidak hanya Database First tetapi sudah mendukung Model First . Dan terdapat beberapa perubahan minor untuk versi 4 ini, seperti EF 4.1 – 4.3. Pada versi ini terdapat fitur baru yang dikenal dengan nama Code First. Lalu pada saat microsoft meluncurkan Visual Studio 2012 dan .Net Framework 4.5, EF 5 juga tersedia sebagai fitur baru pada produk microsoft tersebut. Dengan beberapa fitur baru pada EF 5, seperti Table Value Functions, Spatial Types dan dukungan yang lebih untuk ASP.NET MVC. EF 6 direlease bersamaan dengan Visual Studio 2013 dengan beberapa fitur baru seperti dukungan asynchronous untuk query, stored procedure untuk Code First dan lain-lain.

jun- EF Introduction

Related Articles

    None Found