Seri-4 Bootstrap: Plugin Javascript

Author: · Published: June 29, 2015 · Category: Internet dan Web, Pemrograman HTML, XML, CSS, Pemrograman Javascript 

Di seri ini kita mulai mendiskusikan cara menggunakan plugin Javascript  yang tersedia di Bootstrap. Pertama kali yang anda harus ketahui bahwa semua plugin ditulis di file bootstrap.js, file ini memiliki versi mini nya, bootsrap.min.js, yaitu versi yang menghilangkan semua space character (spasi, newline, dan tab) yang ada di bootstrap.js sehingga ukuran file  versi mini ini lebih kecil. Versi mini ini cocok digunakan untuk versi production sistem kita (production adalah salah satu tahapan membangun sistem yang menyatakan bahwa sistem tersebut sudah siap untuk di-publish, berikut ini urutan tahapannya: development, stage, dan production) karena ukurannya lebih kecil sehingga request ke server untuk meminta file tersebut lebih cepat.

Bootstrap sendiri juga menyediakan versi yang memisahkan setiap file berdasarkan fungsi dari setiap plugin, misal  plugin tooltip ditulis di file tooltip.js.

Perlu diingat lagi (di seri 1) bahwa plugin Javascript ini memiliki ketergantungan dengan JQuery sehingga kita harus mensematkan file jquery.min.js terlebih dahulu sebelum bootstrap.min.js.

Pada intinya, plugin Javacript menawaran kemudahan dan kebersihan code, oleh karenanya semua plugin menggunakan data attribute (attribute element/tag html yang memiliki prefix ‘data-‘), dengan menggunakannya sangat memungkin sekali source html kita bersih dari script Javascript.

Download Tulisan Lengkap: irul-seri4-bootstrap-plugin-javascript.pdf

Related Articles

    None Found