Membuat Aplikasi Desktop Client Server Sederhana dengan Java RMI

Author: · Published: August 28, 2016 · Category: Pemrograman Java 

Achmad Maulana

Pada artikel ini kita akan membahas mengenai pembuatan aplikasi desktop berbasis Client Server dengan bahasa Program Java dan RMI.

Istilah client/server pertama kali digunakan pada tahun tahun 1980-an dalam mereferensikan suatu Personal Computer pada suatu jaringan. Model client/server yang sebenarnya mulai diterima pada akhir tahun 1980-an. Arsitektur perangkat lunak client/server adalah infrastruktur modular dan message-based yang sangat berguna, dimaksudkan untuk meningkatkan usability, flexibility, interoperability, dan scalability.

RMI (Remote Method Invocation) menyediakan sarana dimana client dan server dapat berkomunikasi dan saling bertukar infomasi. RMI memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk merancang aplikasi terdistribusi dimana methods dari remote object dapat dipanggil dari JVM (Java Virtual Mechine) lain, yang mungkin berjalan
pada host yang berbeda. Remote object adalah obyek dalam Java yang dapat direferensikan secara remote. Pemrogram seakan- akan memanggil methods lokal dari file kelas lokal, sedang dalam kenyataannya semua argumen dikirimkan ke remote target dan diinter-pretasikan, kemudian hasilnya dikirimkan kembali ke pemanggil. Dalam RMI, server akan membuat remote objects, membuat referensi, dan menunggu client untuk memanggil methods dari remote object ini. Sedangkan client akan mendapatkan remote reference dari satu atau lebih remote object dan memanggil methods untuk remote object tersebut.

Download Ebook & Sourcecode : Membuat Aplikasi Desktop Client Server Sederhana dengan Java RMI

 

Related Articles

    None Found