Pembuatan Aplikasi Berbasis Web dengan menggunakan HTML, CSS dan PHP

Author: · Published: June 14, 2018 · Category: Internet dan Web, Pemrograman PHP 

Aplikasi berbasis web dewasa ini memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari umat manusia di berbagai bidang kehidupan. Dengan sifatnya yang sekali install di sebuah Web Server dan dapat diakses di mana saja, sepanjang tersedia akses internet dan browser, aplikasi berbasis web banyak digunakan oleh pengguna komputer.

Aplikasi berbasis web terdiri dari front-end atau bagian depan dan back-end atau bagian belakang. Pembuatan Front-End biasanya menggunakan script HTML, CSS dan JavaScript. Back-end dibuat menggunakan server-side script, seperti php, python dan java. Pada tutorial ini, kita akan membahas pembuatan front-end dengan menggunakan HTML dan CSS. Untuk JavaScript, pembaca dapat mendapatkan pada tutorial yang lain. Untuk Back-End, kita akan membahas bahasa pemrograman PHP. Kita juga perlu menggunakan database.

Sebagai database, kita akan menggunakan MySQL.Tutorial ini adalah sebagian tutorial yang penulis pergunakan saat mengajar mata kuliah “Pemrograman II” di kelas yang penulis asuh, di Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang. Tutorial ini terbagi ke dalam 9 bab. Tutorial ini lebih mengedepankan pembelajaran HTML dan CSS. Untuk PHP, dimasukkan dibagian akhir dari tutorial.

Download tulisan lengkap dan source code : sofwan_html_css

Related Articles

    None Found