Emacs, Bukan Editor Teks Biasa

Author: · Published: February 26, 2007 · Category: Linux Aplikasi 

Administrator

Anda ingin mengenal program yang lebih tua dari Linux, yang dibuat Richard M. Stallman, pendiri Free Software Foundation? Cobalah Emacs, editor teks yang juga dapat digunakan untuk pemrograman, e-mail, ftp, telnet, dan game.Emacs mungkin tidak asing di telinga Anda. Bagi Anda yang baru saja bermigrasi ke sistem berbasis UNIX (Linux, BSD, IRIX, Solaris, dan lainnya), Emacs bersamaan dengan vi biasanya masuk dalam daftar eksplorasi.

Sebagaimana kebanyakan pendatang baru di lingkungan Linux, pada mulanya penulis beranggapan Emacs hanyalah editor teks saja. Tak jauh berbeda dengan notepad-nya MS Windows. Namun sebenarnya Emacs adalah editor yang luar biasa.

Emacs, yang dibangun dengan bahasa LISP, adalah full-screen editor yang sudah sangat matang. Penulis menggunakan emacs versi 21.2.1 bawaan Red Hat. Penulis berkenalan kali pertama dengan versi 19.34b. Nomor versi yang cukup besar ini menunjukkan kematangan dan kestabilan Emacs (bandingkan dengan editor lain yang kebanyakan masih berversi di bawah 5). Gerakan open source membuat Emacs masih terus dikembangkan dan berevolusi sejak awal kelahirannya 20 tahun yang lalu.

sumber: InfoLinux 07/2004

Download Tulisan Lengkap: rio-emacs.pdf

Related Articles

    None Found