Meningkatkan Kinerja Multimedia dengan Tuning Kernel

Author: · Published: February 27, 2007 · Category: Linux Aplikasi 

Administrator

Sering pada kombinasi multitasking tertentu, kernel Linux seperti “kedodoran” padahal dari spesifikasi hardware masih mencukupi. Hal ini terutama terjadi pada pengguna rumahan yang mania multimedia. Lalu, bagaimana cara tuning-nya?

Anda punya komputer bagus, Athlon 3 GHz, memori 512 MB, video card GeForceFX 5900, harddisk SCSI. Welah-welah, mestinya Anda bisa jadi lupa waktu (asal jangan lupa kerja…hehehe. “Bejibun” game, “selongsong” MP3, VCD Matrix Reloaded, cobacoba konversi MP3 ke OGG, render gambar, dan seabrek rencana lain udah membayang. Lalu ada boot Linux Anda di komputer baru. Tapi setelah beberapa job tadi dijalankan (mungkin lebih tepat disebut “bom nuklir”) anda berpikir “baru 5 task multimedia, kok udah keok, gimana nih? Saya kan maunya sambil render gambar, dengar MP3, plus compile program”. Tipe orang begini (dan saya juga) mungkin tipe benchmarker sejati. Inginnya benchmark dan benchmark dan tidak pernah puas dengan tweaking.

Kira-kira dengan asal usul yang sama plus karena sedang mulai coba-coba memprogram di kernel, saya mulai eksplorasi mengenai cara meningkatkankinerja kernel. Dasar pemikirannya begini. Kernel adalah jantung dari sistem operasi. Bisa juga dikatakan sebagai pengatur utama interaksi pengguna dan hardware komputer. Kernel yang diprogram secara baik akan menghasilkan kinerja sistem yang baik pula. Jadi biarpun hardware bagusnya selangit, kalau kernelnya sedang-sedang, sistem tidak akan bekerja optimal.

Download Tulisan Lengkap: mulyadi-tuningkarnel.zip

Related Articles

    None Found