Komponen AngkaTerbilang Untuk Visual Basic 6

Author: · Published: November 25, 2008 · Category: Pemrograman VB 

Administrator

Komponen AngkaTerbilang.dll merupakan sebuah file .dll yang bersifat FREEWARE dan dapat digunakan di dalam project Visual Basic 6 untuk membantu Anda dalam mengkonversi angka menjadi bentuk kata-kata (terbilang), baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Hal ini biasanya dibutuhkan jika Anda ingin membuat kuitansi atau laporan yang membutuhkan keterangan angka yang diulang dalam bentuk kata-kata. Contoh: angka 123456, setelah dikonversi dengan komponen ini akan menghasilkan output: “Seratus dua puluh tiga ribu empat ratus lima puluh enam”.

Fungsi-fungsi yang terdapat di dalam file AngkaTerbilang.dll:

1. AwalKalimatKapital: Untuk membuat huruf pertama di suatu kalimat menjadi huruf besar (kapital). Fungsi ini juga bisa Anda gunakan untuk menampilkan di output terbilang.

2. AwalKataKapital: Untuk membuat huruf pertama setiap kata di suatu kalimat menjadi huruf besar (kapital).

3. TerbilangBulat: Untuk menampilkan kata-kata (terbilang) dalam bahasa Indonesia dari suatu angka atau besar uang yang tipenya bilangan bulat. Support sampai angka trilyunan (15 digit).

4. TerbilangDesimal: Untuk menampilkan kata-kata (terbilang) dalam bahasa Indonesia dari suatu angka atau besar uang yang tipenya bilangan desimal (pecahan). Pecahan dipisahkan dengan tanda koma. Support sampai angka trilyunan (15 digit).

5. TerbilangInggris: Untuk menampilkan kata-kata (terbilang) dalam bahasa Inggris dari suatu angka atau besar uang yang tipenya bilangan bulat maupun pecahan (Cent).

Jika pecahan, maka harus dipisahkan dengan tanda titik untuk setting English (Internasional), dan tanda koma untuk regional setting Indonesia. Jadi, tergantung setting pada “Regional Settings” di PC Anda. Contoh pada prjAngkaTerbilang ini ketika saya buat menggunakan setting Indonesia (pakai tanda koma).

Terlampir disertakan file yang berisi file AngkaTerbilang.dll dan contoh penggunaannya di dalam sebuah project Visual Basic 6. Baca file Petunjuk.txt untuk meregistrasi file library AngkaTerbilang.dll terlebih dulu ke registry. Semoga bermanfaat.

Download Tulisan Lengkap :masino-vb6-angkaterbilang.zip

Related Articles

    None Found