Pengantar Software Agent

Author: · Published: January 5, 2009 · Category: Kecerdasan Buatan, Komputasi Bergerak 

Romi Satria Wahono

Dewasa ini banyak sekali digunakan kosa kata agent, baik dalam bidang informatika dan ilmu komputer, seperti software engineering, artificial intelligence (AI), distributed system, dsb, maupun dalam bidang lain yang terkait, misalnya bidang industri, manufacturing, bisnis, electronic commerce, dsb. Populernya penggunakan teknologi agent pada berbagai bidang ilmu bukan berarti membuat jelas definisi agent. Tetapi justru membuat definisi agent semakin tidak jelas, karena setiap peneliti berusaha untuk mendefinisikan agent sesuai dengan latar belakang ilmu yang mereka miliki. Bagaimanapun juga sampai saat ini belum ada kesepakatan dari para peneliti tentang definisi formal mengenai apa yang disebut dengan agent.

Akibat yang timbul dari tidak adanya kesepakatan definisi agent adalah, munculnya penggunaan agent dengan banner yang bermacam-macam, meskipun yang dimaksud kadang-kadang adalah sama, ataupun tidak ada perbedaaan yang signifikan didalamnya, misalnya adalah penggunaan kata-kata, intelligent agent, agent technology, software agent, autonomous agent, ataupun agent. Pada makalah ini kami menggunakan kata agent dan software agent untuk mewakili beberapa kosa kata tersebut diatas.

Software agent adalah salah satu paradigma baru dalam dunia software engineering. Bagaimanapun juga sebenarnya secara teori, keberadaannya sudah lama diungkap oleh para peneliti khususnya di bidang Artificial Intelligence. Dewasa ini dengan berkembangnya teknologi jaringan komputer, termasuk Internet didalamnya, kebutuhan paradigma software dan progam yang bisa menjalankan tugas yang didelegasikan kepadanya secara mandiri, memiliki intelegensi, dan kemampuan bergerak dalam lingkungan jaringan komputer, sudah sangat mendesak. Disinilah peran software agent menjadi sesuatu yang tidak bisa tidak, harus ada untuk mengatasi beberapa masalah-masalah yang timbul seperti tersebut diatas.

Pada makalah ini akan dibahas tentang teknologi agent, baik dalam tinjauan teori maupun praktis, dan juga akan dijelaskan tentang aplikasi dari teknologi agent diberbagai bidang penelitian.

Download Tulisan Lengkap: romi-agent.zip

Related Articles

  1. Pengantar Informatika
  2. Buku Putih Teknologi Informasi dan Komunikasi
  3. Apa Itu Cisco Packet Tracer ??
  4. Manajemen Pengetahuan Dan Penciptaan Pengetahuan
  5. Panduan Instalasi Mikrotik
  6. Aplikasi Data Minning
  7. Usulan Litbang Bidang Perpustakaan serta Dokinfo
  8. Instalasi Qemu Manager pada Windows 7
  9. Konsep Data Minning
  10. Perkembangan Hardware Komputer
  11. Pengembangan Digital Knowledge- Based (ENABLERs) Untuk Mendukung Kegiatan Ke-LITBANG-an
  12. Intelligent Agent Architecture for Digital Library
  13. Charles Walton : Sang Penemu Teknologi RFID
  14. Apa Itu Komputer
  15. Perlukah Sekolah Ilmu Komputer?
  16. Strategi Pengelolaan Pengetahuan Untuk Daya Saing
  17. Cara Menginstall Software Qemu pada OS Windows
  18. Pengenalan Mikrotik OS dan Cara Instalasinya
  19. Cognitive-Decision-Making Issues for Software Agents
  20. Membangun Portal E-Learning