Kelebihan Blender

Author: · Published: November 29, 2011 · Category: Animasi dan Multimedia 

Pandu Aji Wirawan

Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten multimedia khusunya 3Dimensi, ada beberapa kelebihan yang dimiliki Blender dibandingkan software sejenis. Berikut beberapa kelebihannya:

  • Open Source Blender merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenya untuk keperluan pribadi maupun komersial, asal tidak melanggar GNU General Public License yang digunakan Blender.
  • Multi Platform Karena sifatnya yang open source, Blender tersedia untuk berbagai macam operasi sistem seperti Linux, Mac dan Windows. Sehingga file yang dibuat menggunakan Blender versi Linux tak akan berubah ketika dibuka di Blender versi Mac maupun Windows.
  • Update Dengan status yang Open Source, Blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada update annya. Update an tersebut tak tersedia di situs resmi blender.org melainkan di graphicall.org
  • Free Blender merupakan sebuah software yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku, melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang, selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalam mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia bukan seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu membayar untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL
  • Lengkap Blender memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya.  Coba cari software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing, Sculpting. Bukan plugin lho ya, tapi sudah include atau di bundling seperti Blender.
  • Ringan Blender relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih lambat.
  • Komunitas Terbuka Tidak perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia. Dari yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima masukan dari siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender Institute

Related Articles

  1. Instalasi Ubuntu 9.10 pada VirtualBox
  2. Installasi CMS WordPress di Web Hosting
  3. Open Source Software (OSS) untuk Berbagai Kebutuhan
  4. Main DOOM di Linux
  5. Moodle dan Fitur-Fiturnya
  6. Penggunaan aplikasi inSSIDer dalam menangkap kekuatan sinyal access point
  7. Sudah Saatnya Pemerintah beralih ke Open Source
  8. Belajar Mysql Dengan phpMyAdmin
  9. Pengenalan Device pada Ubuntu 8.04
  10. Membuat Efek Ketupat di GIMP
  11. Tutorial Instalasi Distro Linux OpenSUSE 10.2
  12. Keunggulan Monitoring Jaringan dengan menggunakan Software Wireshark
  13. Cara Menginstall Software Qemu pada OS Windows
  14. Belajar Membuat Toko Online dengan Menggunakan Prestashop
  15. Mengenal Pengaturan Multi-Update pada Table Setup di PHPMaker
  16. Pertempuran untuk Desktop: Mengapa Linux Tidak Bisa Menang
  17. Instalasi Ubuntu pada Virtual Machine
  18. Pengukur Tinggi Badan Otomatis dengan ARDUINO
  19. Kupas Tuntas Microsoft Word 2010
  20. VM Virtual Box dan Cara Menginstalnya