Membuat Aplikasi Android Login Screen Menggunakan SQLITE dan XAMARIN

Author: · Published: January 6, 2017 · Category: Pemrograman .NET, Pemrograman C#, Pemrograman Mobile 

Junindar

Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk membuat Login Screen pada aplikasi android, dengan menggunakan SQLITE sebagai media penyimpanan datanya.

SQLITE adalah salah satu database yang bersifat open source, yang di rancang untuk menyimpan data pada perangkat elektronik yang memiliki memory terbatas. SQLite mendukung penggunaan standar relational database seperti SQL syntax dan transaction. SQLITE juga tersedia untuk Android. Sedangkan tipe data yang didukung oleh SQLITE adalah Numeric (integer,float dan double), Text (char,varchar dan text), DateTime dan BLOB.

Login screen biasanya digunakan untuk aplikasi yang memerlukan otorisasi pada penggunanya. Dan untuk menyimpan username dan password didalam device kita memerlukan SQLITE sebagai databasenya.

Tools yang kita gunakan untuk membangun aplikasi ini adalah Xamarin. Xamarin adalah salah tools untuk membuat aplikasi mobile dimana bahasa pemograman yang digunakan adalah C#. Xamarin merupakan perusahaan perangkat lunak yang berdiri pada bulan Mei tahun 2011. Integrated development environment (IDE) pada Xamarin di kenal dengan nama Xamarin Studio. Tetapi selain Xamarin Studio kita juga dapat menggunakan Visual Studio dan pada artikel ini kita akan menggunakan Visual Studio 2015.

Sedangkan untuk memudahkan dalam memahami isi artikel, maka penulis juga menyertakan dengan full source code project latihan ini, dan dapat di download disini

Download Tulisan Lengkap: jun-xamarin-login.pdf

Related Articles

    None Found