Tutorial Database Kemahasiswaan Menggunakan Teknologi AJAX, PHP & MySQL

Author: · Published: September 1, 2008 · Category: Database, Pemrograman PHP 

Muhammad Syarifuddin

AJAX merupakan kepanjangan dari Asynchronous Javascript And XML, pertama kali diperkenalkan oleh Jesse James Garret dari perusahaan konsultan adaptive path pada tahun 2005. Pada aplikasi web tradisional, sebuah aplikasi web berjalan secara sinkron (synchronously) antara client dan server. Dimana setiap client mengklik suatu link, maka server akan merespon dengan mengirimkan / merefresh seluruh halaman. Dalam aplikasi server dengan jumlah client yang sedikit, tentunya tidak jadi masalah menggunakan metode tradisional ini, namun dalam aplikasi berskala besar yang memproses ribuan permintaan dalam sekali waktunya, tentu ini menjadi suatu masalah besar, dimana akan menghabiskan bandwidth dan proses di sisi server.

Aplikasi yang berbasis ajax, bekerja secara asinkron (asynchronously). Dimana proses dilakukan secara background / dilaksanakan di belakang layar, sehingga proses pengiriman & penerimaan data antara server & client dapat berjalan tanpa harus merefresh / memperbaharui halaman, hanya satu atau lebih elemen yang diganti dengan data yang baru hasil pemrosesan dari server. Dalam prosesnya, AJAX menggunakan metode XMLHttpRequest untuk tukar menukar data antara client & server.

Dengan semakin luas & berkembangnya dunia internet, tentunya metode ini dapat sangat membantu dalam optimasi suatu aplikasi web. Dan dalam kasus ini akan diberikan contoh bagaimana membuat aplikasi data mahasiswa berbasis ajax

Download Tulisan Lengkap: arief-ajaxkemahasiswaan.zip

Related Articles

    None Found