Program Kolom Koran Otomatis di Microsoft Word dengan Visual Basic Editor

Author: · Published: November 24, 2008 · Category: Aplikasi Perkantoran dan Teknik, Pemrograman VB 

Sutrisno

Membuat kolom koran (halaman berkolom seperti koran) suatu saat kita butuhkan. Kalau kita ingin membuat iklan, poster, selebaran dan sebagainya. Perintah yang biasa kita gunakan di Microsoft Word adalah dengan Format è Coloumn. Namun dalam materi ini kita akan menggunakan Visual Basic Editor, sehingga kita bisa menggunakan dialog pembuatan kolom koran berbahasa < Indonesia.

Seperti materi-materi sebelumnya, kita akan menggunakan Visual Basic Editor untuk membuat Microsoft Word dengan tampilan lain, di mana dialog-dialog standart yang tadinya berbahasa Inggris, maka dengan Visual Basic Editor akan menjadi berbahasa Indonesia.  Materi-materi sebelumnya, seperti membuat kata ulang, membuat tabel, membuat pagenumber, membuat password, membuat penyimpanan otomatis, daftar isi semua dialog yang digunakan menggunakan bahasa Indonesia.

Untuk materi ini, kita akan membuat kolom koran. Kita memanfaatkan shortcut key (kombinasi huruf) Ctrl+Alt+K.  Setelah Anda menekan kombinasi huruf tersebut, dalam layar akan ada dialog untuk  memasukkan jumlah kolom, “masukkan jumlah kolom, harus diisi angka”.  Kita bisa memasukkan Angka sesuai keinginan kita dalam membuat kolom.

Setelah dialog tersebut kita isikan, maka akan ada pertanyaan, apakah kolom yang akan kita buat menggunakan garis atau tidak, dengan menekan Yes, berarti di antar kolom-kolom yang kita buat ada garis, dan jika dijawab No, maka kebalikannya.

Download Tulisan Lengkap: trisno-membuat-kolom-koran-otomatis-ikc.zip

Related Articles

    None Found