Membuat Shortcut Key untuk Autocorrect di Microsoft Word dengan Visual Basic Editor

Author: · Published: November 25, 2008 · Category: Pemrograman VB 

Sutrisno

Mengetik adalah kegiatan yang biasa dan mudah untuk kita lakukan. Meskipun mudah, kalau ada hal yang lebih mudah lagi dalam mengetik pasti kita lakukan.

Menyingkat kata ‘yang’ menjadi ‘yg’, ‘dan sebagainya’ menjadi ‘dsb’, ‘dan lain-lain’ menjadi ‘dll’, ‘untuk’ menjadi ‘utk’ ataupun singkatan yang hanya kita mengerti sendiri adalah hal yang sering kita lakukan dalam menulis di buku catatan pelajaran, kuliah, rapat dll.

Untuk karya ilmiah, seperti karya tulis, laporan tugas, laporan kerja praktek, skripsi, thesis dan lain-lain singkatan-singkatan seperti di atas tidak boleh dilakukan. Lalu bagaimana solusinya?

Autocorrect jawabannya. Kita bisa membuat tulisan yang kita singkat setelah menekan spasi maka singkatan tersebut akan menjadi kata seperti yang kita inginkan. Misalnya kita ingin mengetikkan kata oki setelah kita spasi menjadi oleh karena itu. Namun autocorecot bawaan Microsoft Word, terlalu rumit dan tidak praktis.

Oleh karena itu, dalam materi ini kita akan membuat shortcut key autocorrect dengan visual basic editor.

Seperti biasanya, kita dibantu oleh bahasa pemrograman Visual Basic Editor yang sudah include di dalam Microsoft Word. Visual basic editor mempunyai banyak fungsi, beberapa kegunaan antara lain :

  • membuat password saat mencetak
  • membuat kata ulang otomatis
  • membuat penyimpanan otomatis
  • membuat shorcut pembuatan tabel

Download Tulisan Lengkap :trisno_auto_correct1.zip

Related Articles

    None Found