Qemu, Virtual Machine yang Ringan

Author: · Published: April 21, 2013 · Category: Sistem Operasi, Telekomunikasi 

Dalam  perkembangan dunia IT, aplikasi mesin virtual memang sedang booming, aplikasi ini sedang  banyak diminati karena fungsinya yang begitu menarik sehingga kita dapat memiliki beberapa OS sekaligus dalam satu komputer tanpa harus menghapus atau mengganti OS yang sudah kita miliki sebelumnya pada komputer kita. Seru kan ? dari sini kita bisa mempelajari berbagai OS lain yang mungkin masih jarang kita dengar namanya.

Ada bermacam macam aplikasi mesin virtual (virtual machine) seperti VMware atau VitualBox yang memang sangat populer, namun adakah aplikasi serupa yang lebih “ringan” dan bersifat opensource? Salah satu alternatif yang kami ajukan adalah Qemu yang dulunya hanya berjalan di platform sistem operasi keluarga UNIX (termasuk Linux). Namun saat ini, Qemu telah dibuat versi yang dapat dijalankan di platform sistem operasi Windows.

Kenapa lebih RINGAN ?

Ya karena Kelebihan  Qemu yang utama adalah software ini merupakan fast processor emulator. Qemu juga lebih ringan dibanding VM jenis lain. Seperti pada saat running VirtualBox, memori yg digunakan oleh VM lain sekitar 40-50 K tetapi Qemu hanya menggunakan 30 K. Ini bisa anda buktikan sendiri.

Kelebihan lainnya adalah :

1.    Boot bisa dari hard disk maupun DVD.

2.    Hard disk cepat karena langsung ditentukan dan diisi (pre-allocated).

3.    Support x86/64, PowerPC, ARM dll.

selengkapnya dapat dilihat pada link di bawah ini,

Alif Zulfa_Qemu, Virtual Machine yang Ringan

Related Articles

    None Found