Perbedaan Password, Passphrase, dan Passcode

Author: · Published: November 19, 2013 · Category: Internet dan Web, Keamanan dan Hacking, Komputer Dasar 

Dalam dunia komputer sebuah data mempunyai nilai yang berarti. Terlebih lagi bila data tersebut adalah data yang penting atau restriktif. Yang menjadi masalah adalah apabila data tersebut dapat diakses oleh siapa saja. Oleh karena itu perlu diatur orang-orang yang boleh dan tidak boleh mengakses data atau sistem.
Maka dari itu diperlukan suatu cara untuk memfilter atau memilih dan mengatur orang-orang yang diberi hak atau diijinkan untuk mengakses data. Caranya adalah dengan meminta suatu sandi sebelum seseorang mengakses suatu data. Bila sandi tersebut benar maka orang tersebut diberi ijin untuk mengakses data, sebaliknya bila sandi yang dimasukkan itu salah maka dia tidak dibolehkan mengakses data. Inilah perlunya sandi untuk mengakses data yaitu melakukan verifikasi atau memfilter orang yang akan mengakses data.

Dalam masalah sandi ini ada beberapa istilah yang hampir mirip dan mempunyai peran yang sama. Peran tersebut adalah untuk memfilter seseorang yang mengakses data. Yang pertama adalah password. Password sebagai mana terjemahannya dalam bahasa Indonesia adalah suatu sandi yang berbentuk sebuah kata yang diperlukan seseorang untuk dapat mengakses suatu data atau masuk ke dalam sistem. Contoh password adalah deretan karakter yang membentuk sebuah kata, misalnya ‘Jakarta’, ‘Rosalina’, ‘Samudera’, dll.
Bila sandi yang digunakan terdiri dari dua kata atau lebih maka penyandian seperti ini lebih tepatnya disebut dengan passphrase. Passphrase sebagai mana artinya dalam bahasa Indonesia adalah gabungan kata yang diperlukan untuk lolos filter dari suatu sistem sehingga seseorang dapat mengakses data atau masuk ke dalam sistem. Contoh passphrase adalah ‘budianduk’, ‘tahusumedang’, ‘satemadura’, ‘kudanil’, dll. Passphrase ini terdiri dari dua kata atau lebih.
Lain halnya bila sandi yang digunakan hanya berupa deretan angka-angka saja (numerik), maka penyandian seperti ini dikenal dengan nama passcode. Yaitu sebuah kode yang berupa deretan angka yang diperlukan untuk dapat mengakses sebuah sistem atau data. Misalnya ‘12345’, ‘5434’, dll. Contoh paling umum penerapan passcode ini adalah pada mesin ATM bank ketika seorang nasabah melakukan login.
Demikianlah perbedaan antara password, passphrase, dan passcode. Meski demikian dalam kehidupan sehari-hari ketiga istilah tersebut dianggap sama oleh masyarakat kita sebagai password.

Related Articles

  1. Mengenal Halaman Ganti Password di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  2. INSTALL VIRTUAL BOX pada PC
  3. Strategi & Manajemen Password
  4. Mengenal User Login Options di PHPMaker
  5. Menyisipkan Pesan Rahasia pada Gambar atau Audio
  6. Berapa Lama Waktu untuk Membongkar Password?
  7. Membuat Password yang Handal
  8. Medapatkan Pesan Rahasia dari Gambar atau Audio
  9. Cara Uninstall Program Virtualbox
  10. Amankan Password Menggunakan KeePass
  11. Mengenal Fitur Password Recovery di Aplikasi Web yang Dihasilkan PHPMaker
  12. Sekilas Tentang Jaringan Komputer Beserta Manfaatnya
  13. Proteksi Task Manager dengan JavaScript
  14. INSTALLASI LINUX UBUNTU PADA VIRTUAL BOX
  15. Instalasi VirtualBox di Windows 8
  16. Prosedur dan Fungsi di Turbo Pascal
  17. Tips SEO untuk Optimasi Website pada Search Engine
  18. Mengenal Halaman Login di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  19. Membuat Password pada Pencetakan di Microsoft Word
  20. Pengaturan Password di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker