Oracle Database 11g: Manipulasi Data SQL dari Dump Image Menggunakan Original Import Client

Author: · Published: June 9, 2014 · Category: Algoritma, Pemograman, Tool, Database 

Budi Satrio

Penggunaan Oracle database di kalangan enterprise sangatlah besar, oleh karena itu diperlukan tips-tips untuk menggunakan Oracle agar tidak memberatkan pekerjaan database admin. Salah satu tips yang akan dibahas pada artikel ini adalah bagaimana cara untuk melakukan manipulasi data SQL dari dump image dengan menggunakan fasilitas Original Import Client khusus untuk Oracle Database 11g.

Latar belakang
Oracle Database merupakan salah satu dari banyak perangkat lunak Relational Data Base Management System. Oracle Database lebih banyak digunakan oleh kalangan enterprise karena beberapa kelebihan yang dimiliki, diantaranya yaitu Real Application Cluster, Data Vault, Business Intelligence, Data Integrator, dan yang lainnya. Selain beberapa kelebihan tersebut, Oracle memiliki sistem export dan import sendiri yaitu original import export dan Oracle Data Pump. Setiap database administrator memiliki preferensi untuk memilih sistem import mana yang akan digunakan karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Original Import Client adalah fasilitas oracle dasar yang diperkenalkan pada versi Oracle sejak awal. Walaupun export dan import data setelah versi ini menggunakan Oracle Data Pump yang menyediakan PL / SQL API, masih banyak database administrator yang menggunakan Original Import Client karena sistem ini sangat fleksibel untuk mendapatkan SQL dari dump data. Selain itu, Original Import Client terdapat dalam semua versi Oracle, berbeda dengan Oracle Data Pump yang hanya terdapat pada versi Oracle terbaru.

Pendahuluan
Menjalankan SQL merupakan pekerjaan biasa bagi database administrator, namun terkadang diperlukan manipulasi SQL dari dump data dengan tujuan membuatkan struktur data terlebih dahulu sebelum dilakukan import. Untuk melakukan manipulasi SQL dari dump data ini ternyata cukup mudah dilakukan dengan cara mengekstraksi SQL dengan menggunakan Original Import Client yang terdapat pada setiap versi Oracle. Selain itu, proses manipulasi ini dapat dilakukan secara langsung pada server tanpa harus memindahkan dump data ke komputer lokal ataupun menggunakan bantuan tools yang berbayar. Dari berbagai percobaan yang dijalankan oleh penulis, didapatkan informasi bahwa cara paling efisien untuk melakukan manipulasi SQL dari dump data yang dijelaskan pada poin dibawah.

Ekstraksi SQL
Untuk melakukan ekstraksi SQL dari dump data dapat dilakukan dengan menjalankan langkah berikut:
manipulasi sql4

 

Mengubah raw SQL agar dapat digunakan
Proses untuk mengubah SQL mentah dari hasil ekstraksi tersebut sebetulnya cukup tricky karena harus dikerjakan sesuai dengan urutan. Berikut adalah urutan tersebut:
1. Membuka SQL dengan menggunakan text editor sesuai dengan preferensi masing-masing pembaca.
2. Mengubah kata “REM ” menjadi “”.
3. Mengubah kata “…” menjadi “REM …”.
4. Mengubah kata “CONNECT” menjadi “REM CONNECT”.
Contoh hasilnya adalah sebagai berikut:
manipulasi sql3

Langkah pengubahan tersebut harus dikerjakan sesuai dengan urutan agar tidak terjadi kesalahan data SQL yang digenerate dari proses ini.

Manipulasi SQL
Untuk melakukan manipulasi data SQL dapat dijalankan dengan menggunakan text editor sesuai dengan preferensi masing-masing pembaca. Pada artikel ini, penulis menggunakan Notepad++ untuk melakukan manipulasi data SQL. Contoh manipulasi SQL yaitu mengubah tablespace tujuan dan menghapus semua command yang berhubungan dengan constraint, seperti create foreign key + enable constraint. Hal ini berguna untuk menghindari error terkena constraint saat import data.
manipulasi sql2

 

Menjalankan command SQL
Hasil dari manipulasi data SQL dapat dijalankan sebagai SQL biasa dengan command sebagai berikut:
sqlplus usertujuan/password @(lokasi sql).sql
manipulasi sql1

 

Penutup
Proses manipulasi SQL yang didapatkan dari dump data dengan menggunakan Original Import Client ini sebetulnya sangat sederhana, namun menjadi sangat berguna ketika kita memerlukan manipulasi SQL dari dump data yang sangat besar. Selain itu, proses manipulasi SQL ini akan membantu kita melakukan solving issue yang muncul pada saat import data seperti informasi tablespace, users, dan datafile mana yang perlu dimanipulasi. Semoga dengan artikel ini, pembaca dapat dimudahkan untuk melakukan manipulasi SQL dari dump data menggunakan Original Import Client.

Download Tulisan Lengkap: budi_satrio_oracle_manipulasi_sql_dump_image.pdf

Related Articles

  1. Manipulasi Data dengan ADODC
  2. Database Link pada Oracle 10g
  3. Pengantar Administrasi SQL Server 2000
  4. Menampilkan Data/Tabel MySQL di MS Access
  5. Membuat Database Oracle Menggunakan DBCA (Database Configurations Assistant)
  6. Knowledge Module pada Oracle Data Integrator (ODI)
  7. Repository pada Oracle Data Integrator 11g
  8. Tutorial Attunity Oracle-CDC for SSIS
  9. Database Firebird (Bag. 2)
  10. Membuat Counter Menggunakan ASP
  11. Implementasi Sistem Database Terdistribusi pada MySQL
  12. Overview Arsitektur Database Oracle
  13. Instalasi Oracle 11gR2 di OEL 5
  14. Oracle Database 11g : Pembersihan ArchiveLog Secara Otomatis
  15. Partitioning pada Oracle 11g
  16. Partisi Index dan Partisi Tabel Pada Database Oracle
  17. Membangun Database Northwind pada SQL Server
  18. Trigger pada Oracle 10g
  19. VM Virtual Box dan Cara Menginstalnya
  20. Step by Step Menjadi Programmer Handal Dengan Vb.Net (4)