Mengenal Pengaturan List Page pada Table Setup di PHPMaker

Author: · Published: October 3, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Sesuai dengan janji saya di artikel sebelumnya, kali ini kita akan membahas lebih detail mengenai item-item pengaturan yang terdapat di bagian List Page. Semua pengaturan yang terdapat di bagian ini digunakan untuk menghasilkan kode di halaman List dari Aplikasi Web yang dihasilkan oleh PHPMaker.

Sebelum membahas lebih detail, maka pastikan Anda sudah mengklik tab yang bernama Table setelah sebelumnya Anda memilih salah satu Table yang Anda inginkan dari panel Database di sebelah kiri dari project PHPMaker Anda.

Baiklah kalau begitu. Kita mulai saja dengan pengaturan-pengaturan yang terdapat di bagian List Page dalam tab Table. Apa saja itu? Silahkan simak di bawah ini.

  1. Inline Add, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan membangkitkan fitur untuk menambah data pada baris yang terdapat di Grid atau Tabel.
  2. Inline Copy, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan membangkitkan fitur untuk menyalin dari data yang sudah ada pada baris yang terdapat di Grid atau Tabel.
  3. Inline Edit, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan membangkitkan fitur untuk mengubah data yang sudah ada pada baris yang terdapat di Grid atau Tabel.
  4. Grid Add, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan membangkitkan fitur yang memungkinkan Pengguna menambah beberapa Record sekaligus pada mode Grid atau Tabel. Hal ini sangat bermanfaat jika Pengguna tidak ingin menambah beberapa Record tadi secara berulang-ulang menggunakan halaman Add yang menampilkan satu Record per satu halaman.
  5. Grid Edit, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan membangkitkan fitur yang memungkinkan Pengguna mengubah beberapa Record sekaligus pada mode Grid atau Tabel. Hal ini sangat bermanfaat jika Pengguna tidak ingin mengubah beberapa Record tadi secara berulang-ulang menggunakan halaman Edit yang menampilkan satu Record per satu halaman.
  6. Master/Detail Add (as Detail), jika diaktifkan, maka PHPMaker akan membangkitkan fitur yang memungkinkan Pengguna menambah data yang memiliki relasi master-detail atau parent-child, di mana data di bagian detail tersebut dapat ditambahkan dalam mode Grid atau Tabel seperti Grid Add di atas tadi.
  7. Master/Detail Edit (as Detail), jika diaktifkan, maka PHPMaker akan membangkitkan fitur yang memungkinkan Pengguna mengubah data yang memiliki relasi master-detail atau parent-child, di mana data di bagian detail tersebut dapat diubah dalam mode Grid atau Tabel seperti Grid Edit di atas tadi.
  8. Master/Detail View (as Detail), jika diaktifkan, maka PHPMaker akan membangkitkan fitur yang memungkinkan Pengguna dapat mem-browse data yang memiliki relasi master-detail atau parent-child, di mana data di bagian detail berasal dari Table yang terpilih.
  9. Multipel detail tables, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan membangkitkan fitur master-detail di mana satu master dapat memiliki lebih dari satu tabel detail. Perlu untuk diketahui, bahwa setiap pasang tabel master-detail ditangani secara terpisah. Artinya, setiap satu tabel master dan satu tabel detail keduanya ditampilkan dalam satu halaman. Tabel master adalah tabel terpilih. Jadi, jika pilihan ini diaktifkan maka semua tabel detail yang memiliki relasi master-detail dengan tabel terpilih akan ditampilkan secara bersamaan dalam halaman yang sama (satu master tabel dengan beberapa tabel detail). Dengan mengaktifkan pilihan ini, berarti pula akan menyembunyikan pasangan tabel Master/Detail secara individu (satu tabel master dengan satu tabel detail).
  10. Detail record count, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan menampilkan jumlah record yang terdapat di tabel detail pada bagian tabel master.
  11. Requires search criteria, jika diaktifkan, maka ketika halaman List pertama kali ditampilkan tidak akan mengandung Record apapun. Pengguna harus melakukan pencarian terlebih dulu untuk melihat Record di halaman List tersebut.
  12. Sequence number, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan membangkitkan fitur kolom nomor urut Record di bagian Tabel. Hal ini sangat bermanfaat bagi Pengguna untuk mengetahui nomor urut setiap Record jika mereka sedang mem-browse Record di halaman List.

Di artikel saya berikutnya, kita akan membahas lebih detail mengenai pengaturan untuk menghasilkan fitur Search; baik untuk pencarian cepat (Quick Search) maupun pencarian lanjutan/mahir (Advanced Search).

Related Articles

  1. Mengenal Pengaturan Add Page pada Table Setup di PHPMaker
  2. Mengenal Pengaturan Edit pada Table Setup di PHPMaker
  3. Mengenal Pengaturan Master/Detail pada Table Setup di PHPMaker
  4. Mengenal Pengaturan Multi-Update pada Table Setup di PHPMaker
  5. Mengenal Pengaturan Search pada Table Setup di PHPMaker
  6. Mengenal Pengaturan View pada Table Setup di PHPMaker
  7. Mengenal Pengaturan Delete pada Table Setup di PHPMaker
  8. Mengenal Pengaturan Email Notification pada Table Setup di PHPMaker
  9. Mengenal Halaman Registrasi User di Aplikasi Web yang Dihasilkan PHPMaker
  10. Mengenal Pengaturan Multi-Page pada Table Setup di PHPMaker
  11. Mengenal User ID Security di PHPMaker
  12. Bagaimana PHPMaker Menangani Security di Aplikasi Web?
  13. Hal-hal Sepele yang Sering Dilupakan oleh Web Developer (Bagian 2)
  14. Mengenal Table Setup di PHPMaker
  15. Mengenal Pengaturan Table-specific Options pada Table Setup di PHPMaker
  16. Mengenal Lebih Detail Field Setup di PHPMaker
  17. Mengenal Pengaturan Audit Trail pada Table Setup di PHPMaker
  18. Pengaturan Password di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker
  19. Mengenal Field Setup di PHPMaker
  20. Mengenal Halaman Ganti Password di Aplikasi Web yang Dihasilkan oleh PHPMaker