Mengenal Pengaturan Search pada Table Setup di PHPMaker

Author: · Published: October 4, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Pernah mengalami kesulitan ketika akan membuat fitur pencarian data di sebuah Aplikasi Web? Jika ya, maka artikel ini akan membantu Anda. PHPMaker dapat menghasilkan Aplikasi Web yang memiliki fitur pencarian data. Biasanya fitur ini berada di halaman List, yaitu halaman yang menampilkan beberapa Record dalam sebuah tabel. Panel pencarian akan berada di bagian atas dari tabel tadi.

Umumnya, fitur pencarian ini dibagi atas dua bagian. Pertama, untuk mencari data dengan cepat dan biasa disebut dengan Quick Search. Kedua, untuk mencari data melalui beberapa kriteria dan biasa disebut dengan Advanced Search. Selain kedua itu, ada satu fitur lagi yang disebut dengan Extended Search. Fitur ini merupakan fitur pencarian yang ditampilkan di bagian Quick Search, tapi terkait dengan Field yang biasanya ditampilkan di Advanced Search.

Beruntunglah Anda sebagai Web Developer jika menggunakan PHPMaker, karena fitur pencarian tersebut dapat dihasilkan dengan cepat. Tidak hanya cepat, tapi fitur pencarian ini cukup powerful dalam mencari data melalui beberapa pilihan atau kriteria pencarian yang dinamis.

Sebelum membuat fitur pencarian di Aplikasi Web, maka ada baiknya Anda mengetahui beberapa item pengaturan yang terkait dengan fitur Search yang dapat dikelola dengan sangat mudah dari dalam project PHPMaker.

  1. Quick, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan menghasilkan panel pencarian di bagian atas dari tabel yang terdapat di halaman List.
  2. Default value (Quick), merupakan nilai standar yang digunakan oleh fitur pencarian jika seandainya Pengguna tidak memasukkan kriteria pencarian di bagian Quick Search.
  3. Default search type (Quick), merupakan tipe pencarian yang terdapat di bagian Quick Search. Tersedia tiga pilihan, yaitu Any words, All words, dan Exact match. Ketiga jenis ini akan kita bahas lebih detail pada artikel terpisah mendatang, disertai dengan beberapa contoh penerapan.
  4. Extended, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan menampilkan kriteria pencarian pada panel Quick Search.
  5. Fields per row (Extended), merupakan nilai jumlah Field per baris yang akan mengatur tampilan Field kriteria pencarian pada panel Quick Search. Nilai standarnya adalah 0, yang berarti satu Field per baris.
  6. Advanced, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan menampilkan link di dalam panel Quick Search, dan ketika Pengguna mengklik link tadi, maka sistem akan menampilkan halaman baru berisi pencarian tingkat lanjutan yang berisi beberapa Field kriteria pencarian.
  7. Highlight, jika diaktifkan, maka kriteria pencarian akan disorot (highlight) pada halaman yang menampilkan hasil pencarian.

Di artikel berikutnya, kita akan membahas mengenai pengaturan untuk menghasilkan halaman View.

Related Articles

    None Found