Mengenal Pengaturan Multi-Update pada Table Setup di PHPMaker

Author: · Published: October 9, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Seperti artinya, Multi-Update merupakan fitur untuk memperbarui beberapa Record sekaligus. Sering kali Anda sebagai Web Developer harus menambahkan fitur ini di Aplikasi Web yang Anda bangun. Beruntunglah Anda jika menggunakan PHPMaker, karena fitur ini dapat dihasilkan dengan sangat mudah dan cepat.

Tak kenal maka tak sayang. Oleh karena itu, mari kita mengenal lebih dalam beberapa item pengaturan yang terkait dengan fitur ini. Pastikan Anda sudah memilih salah satu Table dari panel Database di dalam project PHPMaker Anda. Selanjutnya, klik tab Table yang berada di panel sebelah kanan. Di dalam tab ini, cari bagian Multi-Update Page, dan di dalamnya terdapat dua item pengaturan sebagai berikut:

  1. Multi-Update, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan membangkitkan halaman untuk memperbarui beberapa Record sekaligus.
  2. Confirm, jika diaktifkan, maka PHPMaker akan menampilkan halaman konfirmasi sebelum Pengguna yakin ingin menyimpan atau membatalkan perubahan beberapa Record sekaligus tadi.

Meskipun jumlah item pengaturan ini hanya dua saja, tapi fitur ini terkait juga dengan beberapa item pengaturan di tempat lain, yang sebelumnya sudah pernah kita bahas, yaitu di Field Setup. Pastikan Anda sudah memilih Field yang disertakan dalam fitur ini dengan mengaktifkannya melalui kolom Multi-Update Page yang terdapat di Field Setup tadi.

Lagi-lagi, syarat utama untuk mengimplementasikan fitur ini, di Table terkait harus sudah memiliki kunci utama (Primary Key) sebagai penanda unik antara satu Record dengan Record lainnya. Jika kunci utama di tabel tersebut belum ada, maka PHPMaker tidak akan pernah membangkitkan fitur ini di Aplikasi Web Anda.

Setelah Anda men-generate ulang file script dengan menggunakan PHPMaker, maka Pengguna Aplikasi Web Anda dapat menggunakan fitur ini melalui halaman List. Di sana seharusnya akan muncul control CheckBox di sebelah kiri dari setiap Record yang terdapat di tabel, dan di bagian atas dan/atau bawah dari tabel tadi akan muncul tombol yang akan men-trigger ke halaman Multi-Update.

Pengguna harus memilih satu dan/atau beberapa Record dengan cara memberi tanda centang pada control CheckBox tadi, lalu mengklik tombol untuk menampilkan halaman Multi-Update. Di halaman Multi-Update tersebut, maka Pengguna harus memberi tanda centang pada Field yang dia inginkan diubah, lalu memasukkan data yang baru di sebelah kanannya.

Sekali lagi, berdasarkan pengalaman Penulis, fitur ini benar-benar sangat membantu Web Developer dalam menghemat waktu pengembangan. Sekarang, cobalah bandingkan jika fitur ini harus Anda kerjakan secara manual, apalagi jika fitur ini harus diimplementasikan pada beberapa tabel. Berapa lama waktu yang Anda butuhkan?

Related Articles

  1. Mengenal Pengaturan Multi-Page pada Table Setup di PHPMaker
  2. Mengenal Lebih Detail Field Setup di PHPMaker
  3. Mengenal Pengaturan Edit pada Table Setup di PHPMaker
  4. Mengenal Table Setup di PHPMaker
  5. Mengenal Pengaturan Delete pada Table Setup di PHPMaker
  6. Mengenal Pengaturan Add Page pada Table Setup di PHPMaker
  7. Mengenal Pengaturan List Page pada Table Setup di PHPMaker
  8. Mengenal Pengaturan View pada Table Setup di PHPMaker
  9. Mengenal Pengaturan Table-specific Options pada Table Setup di PHPMaker
  10. Mengenal Pengaturan Search pada Table Setup di PHPMaker
  11. Mengenal Pengaturan Email Notification pada Table Setup di PHPMaker
  12. Mengenal Pengaturan Master/Detail pada Table Setup di PHPMaker
  13. Mengenal Field Setup di PHPMaker
  14. Mengenal User ID Security di PHPMaker
  15. Mengenal Pengaturan General pada Table Setup di PHPMaker
  16. Mengenal Pengaturan Audit Trail pada Table Setup di PHPMaker
  17. Mengenal Halaman Registrasi User di Aplikasi Web yang Dihasilkan PHPMaker
  18. Mengenal User Levels Security di PHPMaker
  19. Bagaimana PHPMaker Menangani Security di Aplikasi Web?
  20. Mengenal Pengaturan Return Pages pada Table Setup di PHPMaker