Pengenalan DAPPER (Micro ORM) Pada VB 2013

Author: · Published: December 17, 2014 · Category: Pemrograman .NET, Pemrograman VB 

Junindar

Object Relational Mapping (ORM) adalah sebuah framework yang dapat menjembatani perbedaan sistembasis data yang bersifat relational dengan paradigma pengembangan aplikasi yang berorientasi objek. Setiap objek yang akan memetakan menjadi tabel-tabel pada basis data relasional dibungkus oleh suatu interface dengan menerapkan konsep design pattern. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan lapisan aplikasi (controller) mengakses data tersebut.

Untuk para developer yang telah menggunakan ORM seperti Linq to Sql, EF maupun NHibernate pasti akan merasakan benefitnya seperti productivity maupun maintability pada saat membangun aplikasi. Yang menjadi pertanyaan bagaimanakah performa aplikasi yang menggunakan ORM ini? Salah satu isu yang masih “menghantui” ORM adalah masalah performa dalam pengaksesan data pada Database.

 

Bagi para developer yang ingin menggunakan ORM dengan performa yang lebih baik dapat menggunakan Micro ORM. Terdapat banyak Micro ORM pada .Net seperti Dapper, Peta POCO, FluentData dan lain-lain. Kebanyakan Micro ORM menggunakan single file dan sangat mudah untuk menggunakannya pada suatu project. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara menggunakan salah satu Micro ORM yaitu Dapper.

Download Tulisan Lengkap: jun-Dapper.pdf

Related Articles

    None Found