Server Primary Domain Controller Dengan OpenSuSE 10.2

Author: · Published: May 29, 2007 · Category: Linux Administrasi dan Server 

Administrator

Salah satu tahapan dalam proses migrasi sistem dari Windows ke Linux yang relatif mudah dilakukan adalah aplikasi Server. Jika kita masih menggunakan Windows Server bajakan, mengapa tidak menggunakan Server berbasis Linux ? Apalagi jika Windows Server bajakan hanya digunakan sebagai file server dan autentikasi user, sesuatu yang dengan mudah dapat dilakukan dengan Server Linux yang sudah dilengkapi dengan aplikasi Samba Server. Server autentikasi user atau biasa disebut Domain Controller dan File Server berbasis Linux memiliki keunggulan-keunggulan sebagai berikut:

1. Free & Open Source

Sebagian besar distro Linux bisa didapatkan dengan biaya relatif murah hingga tanpa biaya. Jika kita ingin full support, kita bisa memilih distro komersil. Kebebasan untuk memilih ditangan kita.

2. Bebas Virus

Meski selama ini selalu ada berita soal Virus yang mengancam Linux, pengalaman pribadi penulis menunjukkan bahwa Linux cukup imun terhadap virus. Bukan sekali dua kali penulis membersihkan USB Flash Disk atau Harddisk bervirus menggunakan sistem Linux tanpa khawatir terinfeksi.

3. Kemudahan Update dan Perubahan Opsi

Distro Linux generasi sekarang sebagian besar dilengkapi dengan update otomatis kepada sumber-sumber penyedianya. Kita tidak perlu khawatir mencari-cari file yang dibutuhkan. Perubahan opsi terhadap konfigurasi server bisa dilakukan dengan mudah, baik menggunakan aplikasi setup berbasis grafis, web maupun konsole.

4. Akses Remote

Server berbasis Linux bisa dikonfigurasi dengan mudah menggunakan akses remote tanpa harus terbebani oleh pemborosan bandwidth seperti halnya akses remote desktop biasa. Akses web menggunakan webmin atau akses konsole menggunakan SSH akan semakin memudahkan maintenance Server Linux. Kapan lagi kita bisa maintenance server sambil memancing dan tidur-tiduran di sawah .

Artikel setup Primary Domain Controller ini merupakan bentuk offline dari artikel yang sama yang saya tulis pada website Migrasi Windows-Linux. Bagi rekan-rekan yang ingin mengakses sumber online, bisa mengakses artikel “Samba Server Sebagai Primary Domain Controller”, sedangkan bagi yang ingin membaca secara offline, bisa mendownloadnya pada attachment yang disertakan.

Download Tulisan Lengkap: masim-vavai-pdc-suse.zip

Related Articles

  1. Router pada Debian Lenny
  2. Konfigurasi SAMBA sebagai Primary Domain Controller
  3. Tutorial Instalasi Distro Linux OpenSUSE 10.2
  4. Mencegah Virus Tanpa Anti-Virus untuk Win XP, Win2K & Win2K3
  5. Membangun Server DNS dengan djbdns
  6. Instalasi SuSE Linux Melalui Jaringan
  7. Trik agar win XP home join ke domain server
  8. Internetan Mode Text Menggunakan w3m
  9. Meng-Upload File Via FTP dengan FireFTP
  10. Membangun Email Server dengan Postfix Disertai Squirrelmail
  11. Tutorial Pemanfaatan Layanan Hosting DNS Gratis
  12. Instalasi WEB Server di Windows
  13. Membuat Domain Gratis
  14. Menjalankan Backtrack 5 RC3 di Windows 8.1
  15. Sinkronisasi Dokumen dengan IFolder
  16. By Pass Proxy with Your-freedom
  17. Instalasi Dan Konfigurasi DNS Server Debian Lenny
  18. Installasi DNS Server pada Linux (Debian 3.0 – Woody)
  19. Instalasi Linux Ubuntu V.11.11 Berbasis GUI di VM VirtualBox
  20. Panduan Singkat Membuat Webmail dan POPmail Server