Register Peta di Map Info Professional

Author: · Published: February 26, 2008 · Category: Sistem Informasi Geografis 

Administrator

Segala bentuk aktivitas manusia pasti akan melibatkan dan memasukkan ukuran geofrafis. Mulai dari orang yang ingin membuka restoran, seorang ahli geologi yang akan mencari emas, seorang broker saham yang sedang mencari pasar untuk mendapatkan kesempatan investasi, atau seorang engineer telekomunikasi yang ingin meletakkan sental, BTS, atau jaringan kabel,….dimana, kapan, dan bagaimana?.

Tentunya kita harus mengetahui lingkungan disekitar kita, seperti komunitas alamiah suatu tempat, akan tetapi ketika kita menambah skala pandangan kita manjadi local, nasional, atau scope internasional maka kemampuan kita sangatlah kurang.

Geographi Information System sebenarnya adalah akronim dari :

1. Geografi

Istilah ini digunakan karena GIS dibangun secara mendasar dari ‘geografi’ atau ‘spasial’. Object ini mengarah kepada spesifikasi lokasi dalam suatu space. Objek bisa berupa fisik, budaya atau ekonomi alamiah. Penampakan tersebut ditampilkan pada suatu peta untuk memberikan gambaran yang representatif dari spasial suatu object sesuai dengan kenyataannya di bumi. Simbol, warna dan gaya garis digunakan untuk mewakili setiap spasial yang berbeda pada peta dua dimensional.

Saat ini teknologi komputer telah mampu membantu proses pemetaan melalui pengembangan dari automated cartography (pembuatan peta) dan Computer Aided Design (CAD).

2. Informasi

Informasi berasal dari pengolahan sejumlah data. Dalam GIS informasi memiliki volume terbesar. Setiap object geografi memiliki setting data tersendiri karena tidak sepenuhnya data yang ada dapat terwakili dalam peta. Jadi semua data harus di asosiasikan dengan objek spasial yang dapat membuat peta manjadi intelligent. Ketika data-data tersebut diasosiasikan dengan permukaan geografi yang representatif maka data-data tersebut mampu memberikan informasi dengan hanya meng-klik mouse pada objek. Namun ingat bahwa semua informasi adalah data tapi tidak semua data merupakan informasi.

3. System

Pengertian suatu sistem adalah kumpulan elemen-elemen yang saling berintegrasi dan berinterdependensi dalam lingkungan yang dinamis untuk mencapai tujuan tertentu. Istilah ini digunakan untuk mewakili pendekatan sistem yang digunakan dalam GIS,,,,,, dengan lingkungan yang compleks dan komponen yang terpisah-pisah maka sistem digunakan untuk mempermudah pemahaman dan penanganan yang terintegrasi. Teknologi komputer sangat dibutuhkan untuk pendekatan ini jadi hampir semua sistem informasinya bedasarkan pada komputer.

Jadi Geographi Information System (GIS) merupakan komputer yang berbasiskan pada sistem informasi yang digunakan untuk memberikan bentuk digital dan analisa terhadap permukaan geografi bumi.

Saat ini sudah banyak software-software yang dapat digunakan untuk membangun sebuah GIS salah satunya adalah MapInfo Prossional. MapInfo Professional dikembangkan oleh MapInfo Corp sejak tahun 1986 dan software ini menjadi salah satu standard software bagi pengembang karena harga relatif murah, tampilannya interaktif, user friendly dan dapat dicustomized dengan bahasa skrip MapBasic. Disini saya tidak menjelaskan mengenai Mapbasic tapi lebih kepada bagaimana cara melakukan registrasi peta yang diperoleh dari Citra Raster (Tipe Gambar) ke sistem koordinat.

Registrasi Peta

Citra Raster merupakan tipe gambar yang dikomputerisasi yang terdiri dari baris-baris titik (pixel). Ada beberapa format file citra raster yang dapat dibaca oleh MapInfo yaitu :

  • namafile.GIF (Graphic Interchange Format)
  • namafile.JPG (format JPEG)
  • namafile.TIF (Tagged Image File Format)
  • namafile.PCX (PC Paintbrush)
  • namafile.TGA (Targa)
  • namafile.BIL (SPOT Satlittes Images)

Download Tulisan Lengkap: charter-registerpeta1.pdf

Related Articles

  1. Thematic Map Dengan MapInfo Professional
  2. Geocoding di MapInfo Professional
  3. Konsep Dasar Web GIS
  4. Image Overlay Google Earth
  5. Layer, Style dan Tema pada Oracle Map Viewer
  6. Menampilkan Peta Wikimapia di Dalam Web atau Blog
  7. Membuat Laporan Mahasiswa Berbentuk PDF dengan PHP
  8. Organisasi Database
  9. Simulasi Routing OSPF dengan Packet Tracer
  10. Berkenalan dengan LINQ pada VB2008
  11. Aplikasi Konversi GIS File Format dengan C#
  12. Google Maps API
  13. Backup dan Schedule Backup Menggunakan FSDump
  14. Menggunakan MapWindow.Web untuk Menampilkan Peta di Web
  15. Mengindetifikasi Paket Data Jaringan Menggunakan Wireshark
  16. Konversi GIS File Format Menggunakan FWTools
  17. PHP, Tanggal dalam Bahasa Indonesia
  18. Membuat Website Untuk UMKM Bag. 1
  19. Memilih Format File yang Tepat untuk Image
  20. Penjelasan Singkat tentang Network Packet