Berbagi Pengetahuan: Siapa yang Mengelola Pengetahuan ?

Author: · Published: November 25, 2008 · Category: Knowledge Management 

Administrator

Dalam satu dasawarsa terakhir pengelolaan pengetahuan (knowledge management), menjadi salah satu metode peningkatan produktifitas suatu organisasi, perusahaan atau instansi. Hal ini dapat dimengerti karena kompetisi tidak lagi mengandalkan sumber daya alam, tetapi berpindah kepada pemanfaatan sumber daya manusia secara optimal. Pemanfaatan sumber daya manusia melalui potensi kreativitas dan inovasi, agar dapat meningkatkan produktivitas suatu organisasi.

Berbagi pengetahuan (knowledge sharing) merupakan salah satu metode dalam knowledge management yang digunakan untuk memberikan kesempatan kepada anggota suatu organisasi, instansi atau perusahaan untuk berbagi ilmu pengetahuan, teknik, pengalaman dan ide yang mereka miliki kepada anggota lainnya. Berbagi pengetahuan hanya dapat dilakukan bilamana setiap anggota memiliki kesempatan yang luas dalam menyampaikan pendapat, ide, kritikan, dan komentarnya kepada anggota lainnya. Disinilah peran berbagi pengetahuan dikalangan karyawan menjadi amat penting untuk meningkatkan kemampuan karyawan agar mampu berpikir secara logika yang diharapkan akan mengahasilkan suatu bentuk inovasi. Jadi inovasi merupakan suatu proses dari ide melalui penelitian dan pengembangan akan menghasilkan prototipe yang bisa dikomersialkan. Sebenarnya menurut para ahli misalnya Carl Davidson dan Philip Voss mengatakan bahwa mengelola knowledge sebenarnya merupakan bagaimana organisasi mengelola staf mereka, sebenarnya bahwa knowledge management adalah bagaimana orang-orang dari berbagai tempat yang saling berbeda mulai saling bicara.

Wakil perusahaan dari Rover Group (Collin Jones) mengatakan bahwa sebagai bagian dari knowledge management strategy, Rovernet mengatakan bahwa intranet merupakan bagian yang sangat membantu mereka dalam mengaplikasikan learning dan share best practice mereka. Menurut David J.Skryme bahwa salah satu tantangan knowledge management adalah menjadikan manusia berbagai knowledge mereka. Untuk mengahadapi tantangan tersebut dia menyarankan tiga C yaitu: Culture, Co-opetition (menyatukan kerjasama dengan persaingan) dan Commitment.

Download Tulisan Lengkap: bse-berbagi.pdf

Related Articles

  1. Strategi Pengelolaan Pengetahuan Untuk Daya Saing
  2. Penerapan Knowledge Management pada Organisasi
  3. Pengelolaan Pengetahuan dan Modal Intelektual untuk Pemberdayaan UKM
  4. Pengembangan Digital Knowledge- Based (ENABLERs) Untuk Mendukung Kegiatan Ke-LITBANG-an
  5. Pendekatan Knowledge-Base Economy dalam Pengembangan Masyarakat
  6. Instalasi Qemu Manager pada Windows 7
  7. Roadmap Perpustakaan Digital Iptek
  8. Penerapan Knowledge Management di Organisasi
  9. Penerapan “Creating Knowledge” Menjadi Model “The Knowing Organization”: Studi Kasus PDII-LIPI
  10. Spiralisasi Pengetahuan: Teknik Menghidupkan Pengetahuan Kita
  11. Konsep Virtualisasi
  12. Content Management System dalam Dunia Usaha – Seri III
  13. Mendesain Template Presentasi lewat MASTER SLIDE pada Microsoft PowerPoint 2010
  14. Tutorial LAN Untuk Pemula
  15. Moodle dan Fitur-Fiturnya
  16. Algoritma Backward Chaining pada Rule-Based Expert System
  17. Multimedia Pembelajaran
  18. Berbagi File Lewat NFS
  19. Knowledge Sharing Research Centre
  20. Mengenal Gerbang Logika