Membuat Laporan Master-Detail di Visual Basic 6

Author: · Published: November 25, 2008 · Category: Pemrograman VB 

Administrator

Mungkin di antara Anda masih ada yang kesulitan dalam membuat laporan (report) dengan layout Master-Detail menggunakan DataReport di Microsoft Visual Basic 6. Yang dimaksud dengan report Master-Detail adalah laporan yang informasi di dalamnya ditampilkan secara berkelompok (groupping) berdasarkan kategori tertentu. Ada data induk (master) dan ada data detail (rincian). Dalam kesempatan yang pertama ini, saya akan menunjukkan kepada Anda melalui contoh source code lengkap untuk membuat laporan Master-Detail dengan menggunakan DataReport di Visual Basic 6.

Di dalam contoh ini, user dapat menampilkan laporan berdasarkan parameter laporan. Tersedia beberapa pilihan parameter laporan yang dapat ditentukan oleh user, termasuk parameter range tanggal (dari tanggal sekian sampai tanggal kesekian). Laporan dapat ditampilkan secara dinamis berdasarkan parameter tadi.

Melalui contoh source code ini, Anda dapat mempelajari beberapa hal sebagai berikut:

1. Bagaimana trik membuat laporan dinamis di DataReport berdasarkan input parameter dari user pada sebuah form; di mana data parameter di form tersebut diambil dari database,

2. Bagaimana menyimpan setting parameter yang terakhir yang dipilih user sehingga jika form parameter ditampilkan selanjutnya, setting terakhir tadi yang akan digunakan.

3. Bagaimana cara membuat laporan yang background baris row-nya berwarna untuk memudahkan user dalam membedakan antara data master dan data detail atau rinciannya,

4. Bagaimana memisahkan antara data master yang satu dengan lainnya di halaman yang terpisah, atau alternatif lainnya: bagaimana menampilkan semuanya secara berurutan tanpa pemisahan halaman untuk data master yang satu dengan data master berikutnya. Hal ini dengan mengoptimalkan fitur ForcePageBreak di section Group Header DataReport.

5. Bagaimana teknik membuat border tabel di DataReport dengan mengoptimalkan control RptShape supaya laporan kelihatan lebih rapi.

6. Menampilkan form tunggu ke hadapan user selama laporan sedang dalam proses untuk ditampilkan, dan menghilangkan form tunggu setelah laporan tampil.

7. Menampilkan pesan di report yang menyatakan bahwa data tidak ditemukan apabila parameter laporan tidak memenuhi kondisi pencarian record di database.

Semoga bermanfaat. Selamat mengkode.

Download Tulisan Lengkap :masino-vb6-dr-masterdetail.zip

Related Articles

    None Found