Dasar-Dasar Pemrograman Datamining di R: Interface Pemrograman Java

Author: · Published: May 19, 2012 · Category: Data Mining, Pemrograman Java 

Selain sebagai software paket statistika, R juga merupakan lingkungan sistem pemrograman yang cukup lengkap. Artinya, R dapat digunakan sebagai alat untuk memecahkan berbagai masalah melalui pemrograman. Tentu saja masalah yang lebih tepat dipecahkan dengan R adalah yang terkait dengan analisis data dalam konteks statistika.

Para developer R menyadari bahwa analisis data kuantitatif melalui statistika memerlukan beberapa tahapan yang mana setiap tahapan dibutuhkan alat bantu untuk ‘berbicara’ dengan lingkungan disekitarnya. Secara singkat tahapan ini meliputi 1) persiapan data, 2) pemilihan metode/teknik, 3) eksekusi dan 4) penyajian informasi. Sebagai contoh, pada tahap persiapan data, alat bantu yang dibutuhkan bagi seorang stastisi adalah kemudahan dalam menghubungkan raw data (database, file terstruktur, dsb) dengan lingkungan R. Solusi yang¬† diberikan oleh developer dan kontributor R terkait dengan hal ini diantaranya adalah membuat library ODBC, JDBC, CSV dll.

Selain kemudahan, konsep yang sering digunakan oleh para programer adalah otomatisasi dan integrasi proses. Artinya dalam sistem yang kompleks, lingkungan R harus bisa menyediakan interface bahasa yang berfungsi sebagai penghubung antar fungsi-fungsi dalam sistem tersebut. Dengan latar belakang itulah developer dan kontributor R membuat berbagai interface bahasa pemrograman yang berada diluar R seperti C, Java dan Tcl/Tk agar bisa memudahkan proses otomatisasi dan integrasi.

Download Tulisan Lengkap: sigit-pemrograman-datamining-R-3

Related Articles

    None Found