Membangun Website Edutainment

Author: · Published: June 28, 2012 · Category: Pemrograman PHP 

Agus Subardjo

Waktu saya masih kuliah, membuat Aplikasi Pembelajaran, yang waktu itu saya namakan Edutaiment, yaitu mengajak siswa untuk bermain sambil belajar dan belajar dengan menghibur diri. Dalam mengembangkan Edutainment, yang saya tujukan obyeknya kepada anak SD, mengambil materi pokok pelajaran Bahasa Inggris, yang fokusnya mempelajari /mengenal nama-nama hewan dalam bahasa Inggris. Pengolah aplikasinya menggunakan Delphi waktu itu baru Delphi5.

Ada 4 bagian yang saya tonjolkan dalam aplikasi tersebut, yaitu pengenalan nama berupa slide slide berisi gambar binatang, bersama namanya dalam bahasa inggris dan Indonesia, bentuknya slide dengan tombol next dan preview, bagian penghafalan berupa auto-start dengan tampilan sama, pengujian yang menampilkan gambar dan nama dalam bahasa Indonesia, siswa mengisi kolom jawaban dengan bahasa inggris, kalau benar next kalau salah nggak ada reaksi, Sedangkan yang keempat test berupa quiz dengan soal acak, siswa memasukkan nama dalam bahasa inggris, dan pada akhir test tercatat nilainya. Bonus, saya berikan video-player pada aplikasi tersebut, untuk memutar film tentang kehidupan hewan dari film-film discovery, nationalgraphic dan lainnya.  Ceritera itu hanyalah sekedar intermezzo, namun barangkali dapat dijadikan idde oleh anda yang berkecimpung didunia pendidikan untuk membuat media pembelajaran, atau mungkin anda yang agak-agak bingung mencari idde membuat tugas atau bahan skripsi anda.

Dalam artikel saya kali ini, sama-sama EDUTAINMENT, namun berbasis pemrograman web. Justru pengerjaannya tidak sesulit menggunakan Delphi, karena tidak banyak syntax, source-code, listing yang diubah seperti dalam Delphi, apalagi kalau anda mahir membuat materi-materi pokoknya menggunakan flash yang banyak juga artikelnya dimuat di ilmukomputer.com ini

Saya tidak akan mengajak anda membuat materi dengan flash, saya anggap dari hasil surfing, anda, menjelajah dunia maya, sudah bisa menciptakan materi tersebut.

Karena artikel saya masih satu judul, yang beda hanya seri dan contentnya, maka seperti biasa, saya memfokuskan pembuatan website dengan database, maka langkah pertama yang perlu anda garap adalah membuat database: Database, hampir mirip dengan artikel saya yang ke -9, namun perlu disempurnakan, dengan tambahan “judul mata pelajaran”, dan diskripsi diubah type-nya menjadi TEXT. Kenapa demikian.? Agar siswa dapat memilih mata pelajaran yang akan dipelajarinya  serta diskripsinya dapat lebih panjang lagi, yang merupakan prolognya.

Kita proses database tersebut menjadi PatriotCMs, dengan PHPMaker, di-upload ke localhost dan jalankan melalui browser. Gamelist masih kosong, maka masukkan data sesuai dengan field yang ada melalui halaman input, dimana id akan otomatis karena autoincrement, file adalah file-file game yang saya sertakan dalam artikel ini dan dapat didownload, demikian juga screenshot-nya, namun apabila punya kreativitas, screenshot dapat membuat sendiri berupa image atau gambar berekstensi jpg, gif, png atau lainnya yang penting jangan besar-besar sizenya maupun kapasitasnya.(wah … paragraph ini nembak artikel – 9).

Langkah kedua sama, beberapa syntax, listing pada file-view php diubah, dicoba, dibenahi  jadi deh.

Finishing

Tinggal sekarang pengerjaan finishing, berbenah-benah baik, tampilan website-nya, template yang akan digunakan, menambah jumlahm materi pelajaran, screenshot yang keren, serta diskripsi materi pelajaran berisi informasi singkat yang menarik, dan hal-hal lain yang perlu disampaikan.

Sumber

File-file mata pelajaran berasal dari Pustekom Depdiknas- 2003

Related Articles

  1. Membangun Website Edutainment-2
  2. Pengantar Multimedia untuk Media Pembelajaran Bagian 2
  3. PHP, Tanggal dalam Bahasa Indonesia
  4. Membuat halaman Login (Pendaftar Siswa Baru)
  5. SIM Berbasis Web – PHP MySQL
  6. Membuat Login Form Dengan Borland Delphi dan Basis Data Microsoft Access
  7. Membangun Sistem Pendaftaran Siswa Baru online
  8. Program Kolom Koran Otomatis di Microsoft Word dengan Visual Basic Editor
  9. Membuat Form Gaji Karyawan dengan Delphi 7
  10. Membangun Aplikasi PHP Tanpa OOP
  11. Step By Step Menjadi Programmer Handal Dengan Vb.Net (13)
  12. Membangun Webgame Sederhana
  13. Pendaftaran Siswa Online 2
  14. Pengenalan Pemrograman Ruby
  15. Program Membuat PageNumber Otomatis dengan Visual Basic Editor
  16. Membuat Database Karyawan Beserta Foto dengan Delphi 7.0 – Access
  17. Belajar Membuat Website
  18. Cara Membuat Game Berbasis Java Menggunakan Greenfoot Bag. 2
  19. Aplikasi Tempat Kursus dengan Delphi 7
  20. Membangun Halaman Admin Website Dinamis