Mengenal Table Setup di PHPMaker

Author: · Published: September 29, 2014 · Category: Pemrograman PHP 

Di artikel saya sebelumnya, kita sudah membahas bahwa setiap kali PHPMaker menghubungi Database dari sebuah project, maka PHPMaker akan menampilkan empat object utama di panel Database di sebelah kiri. Keempat object tersebut adalah Tables, Views, Custom Views, dan Reports. Di panel sebelah kanan, maka akan muncul tab Fields atau lebih sering dikenal di PHPMaker dengan istilah Field Setup.

Di sebelah kanan dari tab Fields tadi ada tab yang bernama Table. Tab Table berisikan item-item pengaturan yang dapat Anda optimalkan pada Aplikasi Web yang akan dihasilkan oleh PHPMaker. Kedua tab tadi akan sama-sama muncul setiap kali Anda mengklik atau memilih salah satu dari keempat object di atas tadi. Di PHPMaker, tab Table ini sering dikenal dengan istilah Table Setup.

Khusus untuk tab Table, maka di dalamnya terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu:

  1. Table, berisi item-item pengaturan yang terkait dengan halaman tertentu, seperti List, Search, View, Add, Delete, Edit, Multi-Update, Audit Trail, Email Notification, Multi-Page, dan Return Pages.
  2. Table-specific Options, berisi item-item pengaturan yang diwariskan dari pengaturan level global.
  3. Master/Detail, berisikan pengaturan untuk membuat halaman yang mengandung tabel master dan tabel detail.

Umumnya pengaturan-pengaturan yang terdapat di Table Setup terkait dengan pengaturan untuk sebuah halaman berdasarkan Table tertentu. Itulah mengapa disebut dengan Table Setup. Contoh, apakah halaman Add, Edit, View, List, dan Search untuk tabel tertentu akan di-generate atau tidak. Anda juga bisa menentukan apakah fitur Export Data untuk Table tertentu di-generate atau tidak, dan sebagainya. Selain itu, pengaturan di Table Setup juga biasanya merupakan turunan dari pengaturan yang diatur dari level Global. Jadi, pengaturan di Tabel Setup dapat meng-override pengaturan yang terdapat di level Global.

Dari sini kita dapat mengetahui perbedaan antara Field Setup dan Table Setup. Jadi, dari namanya saja kita tahu bahwa Field Setup berkaitan dengan pengaturan-pengaturan terhadap Field di sebuah Table, sedangkan Table Setup berkaitan dengan pengaturan-pengaturan yang terkait erat dengan level Table di sebuah Database.

Jangan khawatir, karena kita akan membahas dari setiap bagian yang terdapat di tab Table tadi di beberapa artikel mendatang secara lebih detail lagi.

Related Articles

    None Found